Jakarta (ANTARA) - Tanggal 28 September 2022 menandai peringatan lima tahun tibanya dua ekor panda raksasa asal China, Hu Chun dan Cai Tao, di Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat.

Dalam lima tahun terakhir, kedua panda raksasa menjadi jembatan baru antara masyarakat China dan Indonesia yang bersahabat, kata Duta Besar Republik Rakyat China untuk Indonesia Lu Kang pada sebuah acara perayaan peringatan tersebut.

"Saya berharap China dan Indonesia semakin mendorong kerja sama tentang pelestarian panda raksasa dan hewan-hewan langka lainnya, dan berkontribusi bersama terhadap upaya menjaga keanekaragaman hayati global," kata sang dubes.

Sementara itu Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Indra Exploitasia memperkenalkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menjaga keanekaragaman hayati dan memuji upaya China dalam hal terkait.

Indra pun menyerukan kerja sama lebih lanjut antara kedua negara untuk melindungi satwa liar.   Hu Chun dan Cai Tao berangkat dari Provinsi Sichuan, China barat daya, dan tiba di Indonesia pada 28 September 2017, dan menjadi "bintang" yang banyak digemari pengunjung Indonesia, khususnya anak-anak. 

Pada acara tersebut, pihak Taman Safari Indonesia menunjukkan bagaimana situasi pemeliharaan kesehatan kedua panda raksasa itu kepada Lu.
 
   



 
   Hu Chun dan Cai Tao berangkat dari Provinsi Sichuan, China barat daya, dan tiba di Indonesia pada 28 September 2017, dan menjadi "bintang" yang banyak digemari pengunjung Indonesia, khususnya anak-anak. 



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022