Lubukbasung (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memanfaatkan momen pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Ranting, Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka 0605 Kecamatan Banuhampu, untuk menyosialisasikan pengawasan partisipatif menyambut masuknya tahapan Pemilu serentak 2024.
 
"Momen pelantikan ini kita manfaatkan dalam menyosialisasikan pengawasan partisipatif dalam upaya pencegahan pelanggaran," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Permas dan Humas Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam, Okta Muhlia di Lubukbasung, Rabu.

Baca juga: Presiden minta Bawaslu RI tegas lakukan tugas pengawasan pemilu
 
Ia mengatakan, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam Agam selalu mengedepankan upaya pencegahan dalam setiap tahapan Pemilu yang sesuai dengan slogan yakni, Cegah, Awas dan Tindak.
 
Setidaknya ada tujuh program pengawasan partisapatif yang sedang dilakukan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam. Program itu dengan membentuk Saka Adhyasta Pemilu, forum warga, pengabdian masyarakat, pojok pengawasan, media sosial, Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif dan kerjasama dengan semua pihak.

Baca juga: Bawaslu minta KPU beri akses pengawasan pemilu secara penuh
 
Melalui kolaborasi dengan semua pihak, tambahnya, diharapkan dapat diwujudkan Pemilu yang demokratis. "Dengan kolaborasi dan dukungan semua pihak dapat mewujudkan Pemilu yang demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," katanya yang juga Majelis Pembina Saka Adhyasta Pemilu Agam.
 
Ia menambahkan, Saka Adhyasta Pemilu Agam sudah terbentuk sejak awal 2020 lalu. Kegiatan sempat terhenti akibat adanya pandemi Covid-19. "Ke depan perlu dilakukan langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan Saka Adhyasta Pemilu yang dapat memberi manfaat bagi demokrasi," katanya.

Baca juga: Bawaslu dorong masyarakat sipil beri edukasi kawal suara di pemilu
 
Ia mengucapkan selamat kepada Mabiran, Kwarran dan DKR Gerakan Pramuka Banuhampu yang baru saja dilantik. Apresiasi dan ucapan terima kasih Bawaslu Agam atas kerjasama yang terbangun dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Agam.
 
Pelantikan dan pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Ranting, Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka 0605/Banuhampu oleh Wakil Ketua IV Kwarcab Agam, Khairul Koto di Aula MTsN 6 Agam di Kubang Putih, Rabu (28/9).

Baca juga: Bawaslu RI: Jangan jalan sendiri-sendiri di Pemilu 2024

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022