Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, memperpanjang masa pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan karena keterwakilan perempuan yang mendaftar di sejumlah kecamatan masih belum mencapai 30 persen sesuai ketentuan.

"Berdasarkan hasil penelitian administrasi berkas pendaftaran panwaslu kecamatan terdapat 26 kecamatan dari 31 kecamatan di Jember yang pendaftarnya belum terpenuhi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen," kata anggota Bawaslu Jember Divisi SDM dan Organisasi Andhika A. Firmansyah di Kantor Bawaslu setempat, Sabtu.

Sebanyak 26 kecamatan itu meliputi Ajung, Arjasa, Ambulu, Balung, Bangsalsari, Gumukmas, Jelbuk, Jenggawah, Kalisat, Kaliwates, Ledokombo, Mayang, Mumbulsari, Pakusari, Panti, Patrang, Puger, Rambipuji, Silo, Sukorambi, Sukowono, Sumberbaru, Sumberjambe, Tempurejo, Wuluhan, dan Umbulsari.

"Hanya lima kecamatan yang terpenuhi keterwakilan perempuan 30 persen untuk pendaftar panwaslu kecamatan, yakni Kecamatan Sumbersari, Tanggul, Jombang, Kencong, dan Semboro," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, sebanyak 23 pendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat karena usianya belum mencukupi sesuai ketentuan, yakni minimal berusia 25 tahun saat mendaftar dan tidak melampirkan ijazah pendidikan.

"Untuk itu, Bawaslu Jember memperpanjang pendaftaran panwaslu kecamatan khusus untuk pendaftar perempuan yang dibuka pada tanggal 2 hingga 8 Oktober untuk 26 kecamatan," katanya.

Andhika mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan sebagai anggota panwaslu kecamatan sehingga dilakukan perpanjangan selama sepekan ke depan.

"Kami akan semakin masif menyosialisasikan melalui media sosial dan mengajak rekan-rekan media untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa bawaslu memperpanjang pendaftaran panwaslu kecamatan khusus untuk pendaftar perempuan pada 26 kecamatan," ujarnya.

Tidak hanya itu, anggota Bawaslu Jember perempuan juga turun langsung untuk merangkul para srikandi-srikandi di daerah setempat dengan harapan bisa mendaftar sebagai panwaslu kecamatan untuk Pemilu 2024.

"Mudah-mudahan dalam sepekan ke depan bisa terpenuhi kuota perempuan 30 persen pada 26 kecamatan di Kabupaten Jember," katanya.

Sebelumnya, jumlah pendaftar calon anggota panwaslu kecamatan di kantor Bawaslu Jember yang berlangsung pada 21-27 September 2022 tercatat sebanyak 637 orang, terdiri atas 493 laki-laki dan 144 perempuan yang mengisi formulir dan menyerahkan berkas.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022