Jakarta (ANTARA) - West Ham United keluar dari zona degradasi berkat gol pertama Gianluca Scamacca dalam Liga Inggris yang turut memenangkan timnya 2-0 di kandang sendiri atas Wolverhampton Wanderer pada Sabtu malam waktu setempat.

Scamacca yang dibeli dari Sassuolo pada penutupan musim menciptakan gol pada menit ke-29 dan kemudian digandakan oleh Jarrod Bowen pada menit ke-54.

West Ham kini melonjak ke urutan 15 dalam klasemen liga dengan 7 poin, sedangkan Wolves menduduki urutan ketiga terbawah pada posisi 18 dengan 6 poin.
 
Sebelumnya tuan rumah Southampton menyerah 1-2 kepada Everton setelah unggul lebih dulu pada menit ke-49 dari gol Joe Aribo. Namun Everton membalas dua gol juga pada babak kedua lewat Conor Coady pada menit ke-52 dan Dwight McNeil pada menit ke-54.

Southampton hanya satu poin di atas Wolves pada peringkat 16, sebaliknya Everton naik ke papan tengah pada urutan kesebelas dengan 10 poin yang hanya kalah selisih gol dari Liverpool dan Brentford yang berada di atasnya.
 
Sementara itu Newcastle United menggulung Fulham 4-1 setelah sejak menit kedelapan bermain dengan kelebihan satu pemain akibat pemain Fulham Craven Cottage diganjar kartu merah pada menit itu gara-gara tekel sembrono terhadap Sean Longstaff.

Awalnya pelanggaran ini hanya berbuah kartu kuning tetapi setelah penelusuran VAR memperlihatkan Cottage harus diusir ke luar lapangan.

Empat gol yang dibuat Callum Wilson (menit 11), Miguel Almiron (33 dan 57), dan Sean Longstaff pada menit ke-43 membuat tim tamu unggul 4-0 sebelum Fulham mencetak satu gol balasan pada menit ke-88 dari upaya Bobby De Cordova-Reid.

Newcastle pun melesat ke urutan tujuh dengan 11 poin atau hanya satu poin di bawah peringkat enam Manchester United.
 
Dalam pertandingan lainnya, Bournemouth dan Brentford imbang tanpa gol di Stadion Vitality ketika kedua tim hanya bisa menciptakan sedikit peluang emas.

Permohonan penalti tuan rumah ditolak pada menit ke-20 ketika Kristoffer Ajer mengganjal Jordan Zemura, karena wasit tetap pada keputusannya setelah tinjauan VAR.

Bournemouth gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan kandang terakhirnya namun memperpanjang catatan tak terkalahkan mereka menjadi empat pertandingan untuk tetap berada pada urutan ke-12 dalam klasemen iga, sementara Brentford turun ke peringkat 10, demikian laman ESPN.

Baca juga: Liverpool ditahan imbang Brighton & Hove Albion 3-3
Baca juga: Gol kemenangan Conor Gallagher bantu Chelsea tekuk Palace 2-1

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022