terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Barat Laut Tapanuli Utara
Medan (ANTARA) - Gempa bumi tektonik dangkal dengan kedalaman 2 km terjadi Kamis pukul 15.30 WIB dirasakan oleh masyarakat di Kota Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, mengatakan, dari hasil analisis menunjukkan bahwa gempa bumi Magnitudo 4,5 itu episenternya terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Barat Laut Tapanuli Utara.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Tarutung. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," katanya.

Baca juga: BMKG turunkan tim aksi cepat tepat mitigasi gempa Tapanuli Utara

Baca juga: BNPB: 32 kejadian bencana selama 26 September-2 Oktober 2022


Ia mengatakan gempa tersebut masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02.28 WIB.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. 

Baca juga: 105 gempa susulan melanda Tapanuli Utara

Baca juga: BNPB: 962 rumah rusak akibat gempa Tapanuli Utara


Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022