Jakarta (ANTARA) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang keluar sebagai sekolah yang meraih medali terbanyak pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA tahun 2022 dengan mengoleksi 11 medali.

"Alhamdulillah, MAN 2 Kota Malang kembali unjuk prestasi di OSN 2022. Sebanyak 11 medali diraih para siswa," ujar Ketua Program Olimpiade MAN 2 Kota Malang Wulaida Zuhriana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Wulaida merinci 11 medali yang diraih tim OSN 2022 MAN 2 Kota Malang terdiri atas satu medali emas, delapan medali perak, dan dua medali perunggu.

Capaian itu lebih baik dari penyelenggaraan OSN 2021. Saat itu, MAN 2 Kota Malang membawa pulang delapan medali dengan rincian empat emas, satu perak, dan tiga perunggu.

"Capaian ini kembali menempatkan MAN 2 Kota Malang sebagai sekolah peraih medali terbanyak pada OSN," kata dia.

Kepala MAN 2 Kota Malang Mohammad Husnan bersyukur atas prestasi yang diraih siswanya. Apalagi dengan kontribusi 11 medali ini mengantarkan Jawa Timur kembali sebagai juara umum.

Capaian tersebut, kata Husnan, tidak luput dari dukungan penuh Komite MAN 2 Kota Malang yang selalu memberikan pendampingan selama proses persiapan, pemusatan latihan, hingga pelaksanaan kompetisi.

Peran para alumni MAN 2 Kota Malang yang juga pernah meraih medali berperan penting atas capaian ini. Mereka secara intensif ikut membina adik-adiknya dalam persiapan dan lomba-lomba olimpiade.

"Kepada pengurus komite dan para alumni, serta pembina tim Olimpiade, saya sampaikan terima kasih," ujar Husnan.

Dia berharap prestasi ini menjadi motivasi dan syiar yang baik, tidak hanya bagi MAN 2 Kota Malang tapi juga bagi madrasah lain, serta keluarga besar Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

"Mewakili keluarga besar madrasah saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi khususnya kepada seluruh Tim Olimpiade MAN 2 Kota Malang," ujarnya.

Baca juga: Enam siswa SMP wakili RI dalam Olimpiade Sains Yunior Internasional
Baca juga: Kemenag pusatkan final Olimpiade Agama, Sains, dan Riset di Aceh

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022