Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menyiagakan sejumlah personel di beberapa lokasi banjir yang merendam permukiman warga.

Kasi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan lokasi pertama berada di RW04 dan 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara.

Baca juga: Pemkot Jaktim bangun enam saluran penghubung cegah banjir saat hujan

"Banjir di daerah ini ketinggiannya mencapai 190 sentimeter sampai 200 sentimeter," kata Gatot Sulaeman di Jakarta, Senin.

Gatot menambahkan pihaknya mengerahkan sebanyak satu unit mobil "light rescue" dengan total empat orang personel untuk bersiaga di lokasi banjir tersebut.

Gatot mengatakan banjir di lokasi tersebut disebabkan kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor, hingga meluap ke permukiman warga.

Saat ini, Gatot menyebutkan petugas masih bersiaga di lokasi banjir untuk memberikan pertolongan kepada warga membutuhkan.

"Petugas masih stand by menunggu permintaan evakuasi," ujar Gatot.

Baca juga: Warga bersama aparat Tanjung Barat kerja bakti bersihkan lumpur

Selanjutnya lokasi kedua berada di Cililitan Kecil, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati. Gatot mengerahkan sebanyak satu unit mobil "watermist" dengan total tiga orang personel.

"Ketinggian air di lokasi ini mencapai 50 sentimeter hingga 150 sentimeter," tutur Gatot.

Gatot menyebutkan bahwa banjir di lokasi tersebut juga disebabkan kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor.

"Saat ini air berangsur-angsur surut, petugas stand by dan belum ada permintaan evakuasi," kata Gatot.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi 116 pengungsi banjir di Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022