sudah menjalani perawatan di salah satu klinik di Klaten sejak Minggu (9/10) malam tetapi kondisi semakin memburuk
Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta Agus Winarto meninggal dunia, Senin pukul 10.56 WIB diduga karena serangan jantung dan sempat menjalani perawatan di Ruang isolasi Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta karena suspek COVID-19.

"Berdasarkan informasi dari keluarga, Pak Agus sudah menjalani perawatan di salah satu klinik di Klaten sejak Minggu (9/10) malam tetapi kondisi semakin memburuk," kata Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta Hery Eko Prasetyo di Yogyakarta, Senin.

Menurut Hery, saturasi oksigen Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta tersebut semakin turun sehingga pada Senin sekitar pukul 07.00 WIB masuk ke IGD Rumah Sakit Bethesda dan kemudian menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Pada Jumat (7/10) malam, Hery mengatakan Agus Winarto masih aktif mengawal perhelatan Wayang Jogja Night Carnival di sekitar Tugu Yogyakarta sebagai puncak peringatan hari ulang tahun ke-266 kota tersebut.

Sebelum dikebumikan di peristirahatan terakhir di Gantiwarno Klaten Jawa Tengah, jenazah menjalani penghormatan terakhir di Komplek Balai Kota Yogyakarta.

Baca juga: Malioboro Coffee Night #4 ajang kenalkan kawasan wisata Kotabaru

Baca juga: Tingkatkan kelembagaan, FISIP UMSU-FISHUM UIN Yogyakarta kerja sama


Personel Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta dan Linmas berjajar di sepanjang pintu masuk kompleks Balai Kota Yogyakarta menuju Graha Pandawa disambut oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi dan sejumlah pejabat lain sekitar pukul 15.00 WIB.

Selanjutnya, dilakukan shalat jenazah dengan peti jenazah tetap berada di dalam ambulans untuk selanjutnya dilepas menuju peristirahatan terakhir.

Sumadi mengatakan Agus Winarto adalah sosok pegawai yang memiliki etos kerja dan dedikasi tinggi dalam mengemban tugas dan tanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban.

“Saya memang baru lima bulan berada di Kota Yogyakarta. Tetapi beliau sangat berdedikasi terutama selama perayaan hari ulang tahun Kota Yogyakarta,” katanya.

Sumadi menambahkan kerap berkomunikasi dengan Agus Winarto untuk mengetahui kondisi di lapangan keamanan dan ketertiban di berbagai ajang perayaan hari ulang tahun Kota Yogyakarta.

“Khususnya saat Wayang Jogja Night Carnival dan beberapa acara lainnya. Beliau selalu ada di lapangan memastikan kelancaran acara,” katanya.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta pada 2019, Agus Winarto (49) sempat menjabat di sejumlah organisasi perangkat daerah seperti Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta dan Kepala Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta.

“Kami akan segera mengisi kekosongan jabatan karena tugas untuk memastikan keamanan dan ketertiban sangatlah penting,” katanya.

Baca juga: Gedongtengen, Puskesmas pertama Yogyakarta layani PrEP cegah HIV

Baca juga: Sejumlah jalan seputar Tugu Yogyakarta akan ditutup selama WJNC Jumat

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022