Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik mewarnai pemberitaan nasional Senin (10/10), mulai dari Presiden melantik Kepala LKPP hingga MPR-Wantimpres bahas isu strategis.


Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:


1. Presiden Jokowi resmi lantik Hendrar Prihadi sebagai Kepala LKPP

Presiden Joko Widodo resmi melantik Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan tersebut berdasarkan atas Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 125/TPA tentang Pengesahan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.


Selengkapnya di sini
 

2. Jokowi minta Heru Budi atasi macet dan banjir di DKI Jakarta

Presiden Joko Widodo meminta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, yang terpilih sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan pada 16 Oktober, dapat mengatasi persoalan utama Ibu Kota DKI Jakarta, seperti macet dan banjir.

"Kemarin saya sudah saya sampaikan kepada Pak Heru, utamanya persoalan utama di DKI Jakarta, macet, banjir harus ada progres perkembangan yang signifikan," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin.

 

Selengkapnya di sini

 

3. PWI berharap konfederasi wartawan ASEAN diseminasi pemberitaan

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari berharap diselenggarakannya General Assembly Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) atau konfederasi wartawan ASEAN di Bali bisa mendiseminasi pemberitaan di kawasan tersebut.

"Diharapkan CAJ ikut mendukung Presiden Joko Widodo sebagai Ketua ASEAN," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

 

Selengkapnya di sini

 

4. Kasad kunjungi Akademi Militer Australia

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Royal Military College (RMC) Duntroon yang merupakan Kawah Candradimuka Akademi Militer Australia di Canberra, ACT, Senin.

Dalam kunjungan itu Jenderal Dudung meninjau fasilitas pendidikan, kegiatan belajar, latihan para taruna, dan bertatap muka dengan perwakilan perwira TNI AD yang sedang menempuh pendidikan di RMC Duntroon tersebut.

 

Selengkapnya di sini

 

5. MPR-Wantimpres bahas isu strategis dalam dan luar negeri

Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengatakan, pertemuan antara pimpinan MPR dan Dewan Pertimbangan Presiden pada Senin membahas berbagai isu strategis dalam dan luar negeri, untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Pimpinan MPR menerima kunjungan Wantimpres dalam rangka pelaksanaan tugas pokok menghimpun berbagai masukan mengenai isu-isu strategis yang menjadi perhatian pimpinan MPR untuk disampaikan kepada presiden," kata dia, di Jakarta, Senin.

 

Selengkapnya di sini

 

 

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022