Kathmandu (ANTARA) - Orang-orang di Kathmandu, ibu kota Nepal, merayakan festival Hadigaun pada 10 Oktober 2022 yang menandai berakhirnya festival terbesar Nepal, Dashain.

Perayaan khas Hadigaun tersebut ditandai dengan berkumpulnya para pendeta dan kemudian memutar "kereta" berbentuk cawan dalam sebuah pawai.

Kereta-kereta tersebut biasanya terdiri dari sebuah patung dewa di bagian atas dan sebuah kerucut di bagian bawah.
 
Orang-orang memutar sebuah "kereta" tradisional berbentuk cawan untuk merayakan festival Hadigaun di Kathmandu, Nepal, pada 10 Oktober 2022. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Para warga menyaksikan dari kediaman mereka masing-masing perayaan festival Hadigaun di Kathmandu, Nepal, pada 10 Oktober 2022. Perayaan festival Hadigaun itu ditandai dengan orang-orang memutar sebuah "kereta" tradisional yang biasanya memuat satu patung dewa di bagian atas dan sebuah kerucut di bagian bawah (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Orang-orang berpawai merayakan festival Hadigaun di Kathmandu, Nepal, pada 10 Oktober 2022. Festival Hadigaun ini menandai berakhirnya Dashain atau festival terbesar di Nepal. (Xinhua/Sulav Shrestha)
 
Sejumlah pemuda menarik "kereta" tradisional berbentuk cawan dengan patung dewa di atasnya saat perayaan festival Hadigaun di Kathmandu, ibu kota Nepal, pada 10 Oktober 2022. (Xinhua/Sulav Shrestha)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022