BNPT bersama LPSK menjadi lembaga utama yang bertanggungjawab atas perlindungan korban terorisme
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI menegaskan komitmennya dalam hal pemenuhan hak dan kebutuhan para penyintas korban tragedi bom Bali.

"Pemberian perlindungan serta menghormati hak dan kebutuhan para korban merupakan elemen penting dalam upaya Indonesia melawan terorisme," kata Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Boy mengatakan hal itu dalam rangka memperingati 20 tahun tragedi bom Bali yang terjadi pada 12 Oktober 2002 silam. Pemenuhan terhadap hak dan kebutuhan para penyintas bom Bali tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab BNPT, namun juga instansi lain,seperti Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"BNPT bersama LPSK menjadi lembaga utama yang bertanggungjawab atas perlindungan korban terorisme," tambahnya.

Baca juga: Kepala BNPT sebut KKB masuk kategori teroris

BNPT bersama mitra-mitra lainnya terus berusaha memajukan pemenuhan hak dan kebutuhan para korban kejahatan terorisme berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE).

Salah satu aksi dari pilar tersebut adalah membentuk dana perwalian korban guna memenuhi kebutuhan korban, termasuk keluarganya. Langkah itu merupakan salah satu bentuk kehadiran negara dalam upaya melindungi dan membantu warganya dari ancaman terorisme.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 700 korban aksi terorisme telah menerima uluran tangan dari Pemerintah berupa bantuan medis, rehabilitasi psikososial dan psikologis, serta bantuan finansial kepada keluarga korban yang meninggal.

Tidak hanya itu, inovasi lain yang terus dilakukan BNPT sebagai bentuk perlindungan korban di antaranya silaturahmi kebangsaan antara penyintas dan mantan pelaku terorisme, melalui program Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung KNRI).

"Pemerintah terus mengembangkan dan memajukan sejumlah program inovatif untuk melindungi dan memberikan dukungan serta bantuan kepada penyintas," ujar Boy Rafli Amar.

Baca juga: Kepala BNPT nyatakan Foreign Terrorist Fighters masih jadi ancaman

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022