Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan cuaca di sebagian wilayah kabupaten dan kota di provinsi itu cerah berawan.

Rilis BMKG Kendari yang diterima di Kendari, Jumat, menyatakan meskipun sebelumnya beberapa daerah di Sultra masih berpotensi hujan sedang, lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, terhitung dua hari ini sudah mulai cerah berawan.

Pada pagi hari, umumnya wilayah Sulawesi Tenggara cerah hingga berawan, sementara di siang dan sore hari berpotensi hujan sedang, terutama di wilayah Kabupaten Kolaka dan Konawe Selatan.

Baca juga: BMKG sebut delapan daerah di Sultra potensi diguyur hujan

Hujan ringan juga berpotensi terjadi di wilayah Konawe Utara, Kolaka Utara, Konawe, Kolaka Timur, Buton Utara, Buton, dan Kota Kendari.

Sementara pada malam hari, umumnya kembali cerah hingga berawan. Pada dini hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Wakatobi.

Suhu udara antara 23-32 derajat Celsius dengan kelembapan udara 65 - 95 persen, dengan kecepatan angin Timur-Selatan per 2 - 20 kilometer per jam.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal Habibie mengatakan potensi hujan sedang, lebat serta disertai kilat/petir dan angin diperkirakan masih akan terjadi seperti pada hari sebelumnya.

"Peringatan dini cuaca di Sulawesi Tenggara pada 14-15 Oktober 2022 berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat dan petir, sehingga warga diimbau tetap waspada," ujarnya.

Baca juga: BMKG Sultra: Waspada bencana hidrometeorologi dampak cuaca ekstrem

Baca juga: BMKG: Empat daerah di Sultra potensi dilanda hujan sedang hingga lebat


Potensi hujan sedang diperkirakan terjadi di Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe di Kecamatan Lambuya, Abuki, Puriala, Uepai, Onembute, Padangguni, dan Kecamatan Tonggauna Utara.

Sementara di Kabupaten Konawe Selatan meliputi wilayah Angata, Ranomeeto, Mowila, Ranomeeto Barat dan di Kabupaten Konawe Utara meliputi Kecamatan Asera dan Kabupaten Kolaka Timur meliputi wilayah Tirawuta, Uluiwoi, Tinondo dan wilayah sekitarnya.

"Namun, dapat juga meluas di wilayah Kecamatan Samaturu dan Iwoimendaaa Kabupaten Kolaka, Konawe di wilayah Unaaha, Tonggauna dan Asinua serta Kolaka Timur di Kecamatan Ueesi dan sekitarnya," tuturnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022