Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat menyiapkan kebutuhan sandang, khususnya seragam sekolah baru untuk siswa yang menjadi korban banjir di wilayah tersebut.

Hal tersebut dipersiapkan pihak PMI Jakarta Barat (Jakbar) mengingat saat ini beberapa wilayah di Jakarta Barat kerap dilanda banjir saat hujan deras.

"Tentu kita siapkan juga bantuan baju sekolah untuk siswa korban banjir," kata Ketua PMI Jakarta Barat, Becky Mardani saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurut Becky, PMI Jakarta Barat tidak hanya berperan dalam memberikan bantuan kesehatan melainkan juga kebutuhan sandang untuk menolong korban bencana.

Baca juga: Stok darah di PMI Jakbar cukup untuk antisipasi DBD

Dia menjelaskan, PMI di setiap kecamatan akan berkomunikasi dengan PMI tingkat kota guna mengkoordinasikan kebutuhan korban bencana.

"Berdasarkan kebutuhan itulah, kita siapkan apa saja bantuan yang diperlukan. Dari mulai kesehatan hingga kebutuhan pakaian," kata dia.

Sejauh ini, pihaknya belum mengirimkan bantuan ke lokasi banjir di wilayah Jakarta Barat. Namun demikian, pihaknya memastikan akan bergerak cepat dalam menindaklanjuti kebutuhan korban bencana di wilayah.

Sebelumnya, PMI Jakarta Barat memanfaatkan hasil penggalangan dana seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) selama Bulan Dana PMI yang berlangsung sejak Juli 2022 senilai Rp6,6 miliar untuk operasional layanan.

"Kita gunakan dana tersebut untuk kebutuhan operasional pelayanan seperti untuk penanggulangan bencana, fasilitas kesehatan hingga pelatihan relawan," kata Becky.

Baca juga: PMI Jakarta Barat gelar donor darah kelilingi ke setiap kecamatan

Becky juga menjelaskan sejumlah perusahaan swasta ikut berpartisipasi dalam menggalang dana selama kegiatan Bulan Dana PMI berlangsung.

PMI Provinsi DKI Jakarta masih melakukan audit hasil pengumpulan dana tersebut. Setelah audit selesai, barulah dana tersebut disalurkan untuk memenuhi kebutuhan operasional PMI.

Becky memastikan penyaluran dana tersebut tepat sasaran sehingga dapat digunakan untuk membantu warga secara maksimal
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022