Ini merupakan peristiwa cuaca yang sangat buruk yang berdampak terhadap komunitas perkotaan dan juga komunitas regional di seluruh Victoria
Canberra (ANTARA) - Pasukan Pertahanan Australia (Australian Defence Force/ADF) telah dikerahkan untuk membantu mengatasi bencana banjir di Victoria, yang merupakan negara bagian berpenduduk terpadat kedua di Australia.

Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese pada Minggu (16/10) menyempatkan diri mengunjungi daerah-daerah yang terdampak banjir di Victoria itu.

Ratusan rumah di wilayah tersebut terdampak banjir setelah hujan lebat dengan debit air diperkirakan masih akan terus meningkat.

Otoritas-otoritas terkait telah memperingatkan bahwa ribuan rumah berpotensi terendam banjir ketika ketinggian air mencapai puncaknya. Namjun warga yang mengabaikan perintah evakuasi tersebut kini sudah terlambat untuk meninggalkan properti mereka.
 
   Seorang warga di negara bagian Victoria, Australia, melintasi jalan yang sebagian ruasnya tergenang banjir. Dalam 24 jam hingga Minggu pagi, pihak otoritas setempat telah melakukan 103 penyelamatan banjir, dan seorang pria berusia 71 tahun dilaporkan tewas. (Xinhua)


"Ini merupakan peristiwa cuaca yang sangat buruk yang berdampak terhadap komunitas perkotaan dan juga komunitas regional di seluruh Victoria, khususnya di wilayah utara dan barat laut," kata Albanese kepada radio Australian Broadcasting Corporation (ABC).

PM Australia itu menyatakan bahwa dirinya akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan masyarakat mendapat dukungan yang mereka butuhkan pada masa sulit ini.

Albanese juga memastikan personel ADF saat ini berada di lapangan untuk membantu proses evakuasi warga dan memasang kantong pasir.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022