Memang benar Senin sore, Buchtar Tabuni memenuhi panggilan penyidik Polresta Jayapura Kota.....
Jayapura (ANTARA) - Penyidik Polresta Jayapura Kota saat ini masih memeriksa Koordinator Parlemen Nasional West Papua (PNWP) Buchtar Tabuni terkait rapat yang dilaksanakannya tanpa izin.
 
"Memang benar Senin sore, Buchtar Tabuni memenuhi panggilan penyidik Polresta Jayapura Kota dan kini diperiksa terkait kegiatan yang dilakukan bersama kelompoknya di kawasan Kamp Walker, Distrik Heram, Jayapura," kata Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor Mackbon, di Jayapura, Senin malam.
 
Dia menyatakan pula, dari laporan yang diterima, rapat yang dilakukan Buchtar Tabuni bersama kelompoknya itu sejak Sabtu (15/10), dan dihadiri sekitar 50 pendukungnya.
 
Rapat itu membahas rencana deklarasi pembentukan pemerintahan sementara yang dinamakan West Papua Council.
 
Bahkan, dari laporan yang diterima kelompok tersebut akan segera mendeklarasikannya, dan kegiatan itu meresahkan warga di sekitarnya, kata Mackbon.
 
Dia menambahkan, dari laporan itulah, anggota kepolisian kemudian mendalami dan memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangannya.
 
Buchtar Tabuni yang merupakan salah satu aktivis yang berjuang memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga kini masih diperiksa penyidik di Mapolresta Jayapura Kota, kata Kombes Victor Mackbon.
Baca juga: Flash - Ketua PNWP Buchtar Tabuni ditangkap polisi di Jayapura
Baca juga: Kapolda Papua: Serang dan keroyok petugas, Buchtar dkk ditangkap
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022