sudah sesuai kriteria yang dicanangkan Kementerian Agama
Jakarta (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Administrasi Jakarta Selatan (FKUB Jaksel) berharap Kampung Kerukunan Kebon Baru RW 03 guyub dalam keberagaman.

"Di Kebon Baru, mereka guyub dalam keberagaman," kata Sekretaris FKUB Kota Administrasi Jakarta Selatan Rahadi Mulyanto di Jakarta, Selasa.

Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Administrasi Jakarta Selatan itu menambahkan Kebon Baru sebagai Kampung Kerukunan sudah sesuai kriteria yang dicanangkan Kementerian Agama.

Selain itu, terdapat komunitas  pemeluk agama yang saling menghormati dan saling membantu semakin menambah keaktifan wilayah tersebut.

Menurutnya, komunitas itu berjalan guna memastikan silaturahmi antar sesama umat beragama.

Rahadi menegaskan parameter penilaian ini bukan untuk perlombaan melainkan mencari keberagaman yang ke depannya bisa ditiru wilayah lain.

Proses penilaian dilaksanakan masif selama sebulan dengan riset di 65 kelurahan lalu mendapat 10 calon kemudian dicari tiga daerah ideal yang kriterianya, yang pada akhirnya diraih oleh Kebon Baru.

"Di situ hampir enam agama ada dan komunitasnya juga aktif yang bisa ditiru," jelasnya

Ke depannya, Rahadi berharap visi dan misi pemerintah tidak hanya berhenti sampai di Kampung Kerukunan melainkan menuju Kota Kerukunan.
Baca juga: Pemkot Jakbar jadikan "Kampung Kerukunan" sebagai wadah pemersatu umat
Baca juga: Ini harapan Wagub DKI terhadap Kampung Kerukunan Kebon Baru
Baca juga: Jaksel perbanyak program keagamaan untuk wujudkan kerukunan umat

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022