Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Philadelphia 76ers, Doc Rivers, menilai performa bintang timnya, Joel Embiid, masih terdampak cedera pada ligamen jempol tangan kanan yang memaksanya menjalani tindakan operasi pada jeda antar-musim NBA.

Embiid memang berkontribusi cukup baik untuk mendulang angka bagi Sixers di dua pertandingan musim ini, tetapi ia juga selalu jadi pemain yang paling banyak kehilangan penguasaan bola atau melakukan turnover.

Sixers baru saja menderita kekalahan 88-90 dari Milwaukee Bucks saat melawat ke Fiserv Forum, Kamis waktu setempat (Jumat WIB), membuat mereka belum membukukan kemenangan dari dua gim musim ini.

Embiid melakukan empat turnover melawan Bucks, setelah dua hari yang lalu enam kali kehilangan bola saat Sixers kalah 117-126 kontra Boston Celtics.

"(Cedera) itu tentu mempengaruhi untuk jangka panjang, terutama bila terjadi kontak," kata Rivers selepas pertandingan lawan Bucks dikutip dari situs resmi NBA.

Baca juga: Bucks redam momentum Sixers demi menangi pembuka musim

"Pergerakannya bisa dibilang mentah. Sebagai pemain besar, saya berasumsi dia kerap mengalami kontak fisik di setiap gim. Dia mungkin tidak cedera, tapi pasti masih merasakan sakitnya," ujarnya menambahkan.

Di tengah kondisi Embiid yang masih terganggu dampak cedera jempol, James Harden seolah menemukan kembali performa terbaiknya dalam dua pertandingan awal Sixers musim ini.

Harden mengemas 35 poin, delapan rebound dan tujuh assist saat Sixers kalah melawan Celtics dua hari lalu.

Lantas di gim kontra Bucks, Pemain Terbaik (MVP) NBA 2018 itu menorehkan 31 poin, sembilan assist, dan delapan rebound.

Harden bahkan nyaris membawa Sixers kembali merebut keunggulan pada sisa waktu 2,5 detik, bila saja ia tak mendapat pengawalan ketat oleh Jrue Holiday kala berusaha melepaskan tembakan pantul.

Baca juga: Kombinasi Tatum-Brown antar Celtics menangi gim pembuka atas Sixers

"Sebetulnya itu situasi bagus, tapi berakhir menjadi tidak baik," ujar Harden singkat mengomentari peluang yang meleset tersebut.

Rivers memilih untuk mengapresiasi aksi Holiday di situasi itu sembari membandingkannya dengan mantan point guard Sixers Mo Cheeks, yang nomor punggung 10 miliknya dipensiunkan oleh tim.

Holiday juga kebetulan mengawali kariernya bersama Sixers setelah direkrut sebagai pilihan ke-17 NBA Draft 2009.

"Saya pikir dia kerap tak mendapat cukup pengakuan. Saya tidak mengetahui banyak guard yang lebih baik darinya dalam aspek pertahanan. Saya tidak mau menjadi lawannya setiap malam," kata Rivers.

Sixers selanjutnya akan berusaha memasuki jalur kemenangan saat melakoni gim kandang perdana musim ini dengan menjamu San Antonio Spurs di Wells Fargo Center pada Sabtu (22/10) waktu setempat.

Baca juga: Ringkasan hari pembuka NBA 2022-23: Para bintang bersinar terang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022