Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan tema yang diusung pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022 adalah "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi".

Firli menyebut tema tersebut memiliki makna bahwa seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat harus bergandeng tangan serta bahu-membahu dalam melakukan kerja-kerja pemberantasan korupsi.

"Hakordia Tahun 2022 merupakan salah satu upaya menyampaikan laporan kepada publik tentang langkah-langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang selama ini dilakukan baik oleh KPK maupun pemangku kepentingan antikorupsi lainnya," kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

KPK menginformasikan kegiatan puncak acara Hakordia akan dilaksanakan di Jakarta pada 9-11 Desember 2022 dan rencananya dibuka Presiden Joko Widodo.

Rangkaian Hakordia hari pertama akan dibuka pada 9 Desember 2022 di Menara Bidakara, Jakarta. Kegiatan itu dilakukan secara hybrid dari area panggung utama dan secara live streaming melalui seluruh media sosial KPK.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut, Presiden akan memberikan arahan mengenai program pencegahan dan pemberantasan korupsi untuk dipedomani oleh seluruh pemangku kepentingan antikorupsi di Indonesia.

Sebagai bagian dari pembukaan, Presiden didampingi Ketua KPK juga akan menandatangani perangko antikorupsi yang secara khusus diluncurkan pada hari tersebut.

Di tempat yang sama pada 9-11 Desember 2022 juga bakal dilangsungkan kegiatan integrity expo. Kegiatan itu merupakan ruang bagi kementerian/lembaga, BUMN/BUMD, dan pemerintah daerah untuk mempublikasikan kepada masyarakat terkait langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang telah dilaksanakan selama tahun 2022.

Rangkaian lainnya adalah memberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga/organisasi lainnya/pemerintah daerah (K/L/O/P) yang telah menjalankan program pencegahan korupsi dengan pencapaian terbaik sepanjang tahun 2022 dan/atau telah memenuhi indikator penilaian sesuai dengan bidang antikorupsi masing-masing.

Selain itu, KPK melalui Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Keuangan Negara Kementerian Keuangan juga akan menyelenggarakan acara lelang barang-barang gratifikasi. Adapun barang yang akan dilelang adalah barang-barang gratifikasi yang telah ditetapkan menjadi milik negara.

Proses pelelangan sebelumnya dimulai melalui lelang elektronik e-auction dan e-konvensional. Sejumlah barang yang akan dilelang antara lain perhiasan, perangkat elektronik, kain tradisional hingga perlengkapan rumah tangga. Kegiatan lelang itu terbuka bagi masyarakat umum.

Terakhir adalah kegiatan peluncuran program atau produk antikorupsi memperkenalkan sekaligus mempublikasikan program, produk maupun layanan baru KPK atau mitra strategis kepada masyarakat luas.

KPK meyakini rangkaian kegiatan Hakordia 2022 akan memperkuat sinergi dan kolaborasi antara kementerian/lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha, sektor pendidikan serta organisasi masyarakat dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi. Secara paralel, akan didapatkan gambaran rencana aksi ke depan di instansi atau sektor masing-masing.

"Juga memperluas keterlibatan masyarakat dalam menyebarkan dan mengimplementasikan nilai antikorupsi sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi," ucap Firli.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022