Washington (ANTARA) - Pejabat tinggi penegak hukum di Amerika Serikat pada Senin akan mengumumkan tuntutan atas kasus "skema provokasi jahat dan dugaan tindak kriminal" yang dilakukan oleh "aktor kenegaraan", kata Departemen Kehakiman AS.

Sejumlah kasus keamanan nasional akan dibahas dalam konferensi pers pada pukul 13:30 (waktu setempat), kata departemen itu dalam sebuah pernyataan tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Departemen Kehakiman AS tidak menyebutkan nama negara atau pihak yang akan dituntut tersebut.

Jaksa Agung AS Merrick Garland, Wakil Jaksa Agung AS Lisa Monaco, dan Asisten Jaksa Agung untuk Keamanan Nasional AS Matthew Olsen bersama dengan Direktur FBI Christopher Wray akan "membicarakan sejumlah kasus keamanan nasional signifikan terkait skema provokasi jahat dan dugaan tindak kriminal oleh seorang aktor kenegaraan di Amerika Serikat," kata departemen itu.

Namun, Departemen Kehakiman AS juga tidak menyebutkan apakah skema itu terkait atau ditujukan kepada pemilihan umum paruh waktu AS pada 8 November.

Sebelumnya pada Juli, Departemen Kehakiman mengajukan tuntutan atas operasi politis multi-tahun yang bertujuan menyebarkan propaganda Rusia atau mempengaruhi pemilihan umum AS.

Pada November 2021, Amerika Serikat memberlakukan sanksi terkait Iran atas upaya untuk mempengaruhi pemilihan presiden AS 2020.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022