Banjir ini akibat adanya sampah dan hujan yang cukup tinggi
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan sembako kepada puluhan warga korban banjir di tiga desa di wilayah setempat yang terjadi pada, Selasa Malam (25/10).

"Warga yang terdampak banjir di Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur, Desa Batunyale dan Desa Dakung Kecamatan Praya Tengah telah kita berikan bantuan kedaruratan berupa kebutuhan pokok," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Tengah, Zamzuri di Praya, Rabu.

Banjir tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi di wilayah setempat, sehingga air sungai di tiga desa itu meluap dan merendam puluhan rumah warga di sepanjang aliran sungai. Selain itu, luapan air sungai akibat dari tumpukan sampat dan mengakibatkan air masuk ke rumah warga.

"Banjir ini akibat adanya sampah dan hujan yang cukup tinggi. Warga tadi malam sempat mengungsi di rumah keluarganya yang tidak terdampak banjir, namun saat telah kembali untuk membersihkan lumpur bekas banjir," katanya.

Baca juga: Puluhan rumah warga di Lombok Tengah terendam banjir

Baca juga: Hujan lebat, sejumlah rumah di Lombok Tengah tergenang banjir


Berdasarkan data sementara, jumlah rumah warga yang terdampak banjir tersebut sebanyak 11 rumah di Desa Batunyale, 22 rumah di Desa Dakung dan 35 rumah di Desa Mujur. Selain merendam rumah warga, banjir tersebut juga mengakibatkan satu buah jambatan yang menghubungkan Desa Bangket Parak dengan Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur putus.

"Petugas sedang melakukan verifikasi terhadap kerusakan material dan membantu warga yang terdampak banjir," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap dampak bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang, karena musim hujan saat ini telah tiba.

"Kita imbau masyarakat juga menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Sebelumnya, Hujan lebat dengan intensitas cukup tinggi yang terjadi di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mengakibatkan rumah warga di tiga desa terendam banjir akibat luapan air sungai itu terjadi di Desa Mujur, Praya Timur dan Desa Dakung serta Desa Batunyale, Kecamatan Praya Tengah. Petugas gabungan bersama aparat TNI-Polri telah turun membantu warga yang terdampak.

Baca juga: Polisi berikan bantuan kepada korban banjir di Lombok Tengah

Baca juga: BPBD: Banjir di Kuta Lombok Tengah akibat tumpukan sampah

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022