Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Johar, Kawarang Timur, Jawa Barat, Rabu, untuk mengecek harga kebutuhan pokok masyarakat.
 
Muhaimin mengatakan sejumlah komoditi seperti beras, minyak goreng, telur, tepung, daging ayam, dan daging sapi masih terpantau stabil atau belum mengalami kenaikan harga yang signifikan, meski ada penyesuaian harga BBM beberapa waktu yang lalu.
 
"Alhamdulillah, dari hasil sidak saya ke sejumlah warga pedagang Pasar Johar Karawang harganya boleh dibilang stabil. Belum ada peningkatan harga yang signifikan," kata Muhaimin.
 
Dari hasil pantauannya, harga bawang putih di Pasar Johar saat ini dijual di kisaran Rp26.000/kilogram, minyak goreng curah Rp14.000/kilogram, telur ayam ras Rp27.000/kg, daging ayam Rp30.000, dan cabai rawit Rp50.000/kg.
 
"Tadi cuma bawang merah yang mengalami kenaikan, dari Rp29.000/kg menjadi Rp31.000/kg. Kalau harga cabai itu fluktuatif terkait dengan pasokan dari petani," tuturnya.

Baca juga: DPR dorong BUMN dukung pembalap belia Indonesia di ajang MiniGP
Baca juga: Cak Imin sebut dokter sebagai tombak kesehatan bangsa
 
Dia bersyukur melihat stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional. Ia berharap stabilitas harga kebutuhan pokok terus dipertahankan.
 
"Kita tahu situasi sekarang memang serba sulit dan stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar tradisional ini jadi angin segar, terutama untuk masyarakat kecil. Saya tekankan kondisi ini harus dipertahankan," paparnya.
 
Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu menambahkan pandemi berdampak serius bagi setiap sendi perekonomian masyarakat.
 
Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk kembali berbelanja ke pasar tradisional guna menggeliatkan kembali perekonomian rakyat kecil.
 
"Pasar tradisional berperan penting menggerakkan roda perekonomian rakyat, terutama rakyat kelas bawah. Karena itu mari kita gairahkan kembali berbelanja di pasar tradisional karena pasar tradisional bisa membantu pedagang yang sudah lama berjuang dengan ekonomi di kalangan bawah," kata Muhaimin.
 
Dalam sidak itu, Muhaimin didampingi istrinya Rustini Murtadho, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, serta sejumlah anggota DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Karawang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022