Jakarta (ANTARA) - Merawat cat mobil merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya kepudaran warna pada bodi kendaraan. Apabila cat memudar, tentu akan berpengaruh terhadap tampilan eksterior mobil.

Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk menjaga cat mobil tetap awet, seperti yang disarankan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berikut ini.

Pertama, simpan kendaraan di garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya.

Baca juga: Tren modifikasi meningkat, Belkote siapkan rangkaian cat AXT series

Apabila tidak memiliki garasi, pemilik dapat menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca (tidak luntur).

Selanjutnya, cucilah mobil secara rutin minimal seminggu sekali menggunakan air bersih, sampo mobil. Cucilah mobil di tempat yang sejuk.

Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

Lakukan pula perawatan pemolesan paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap.

Pemilik mobil dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.

“Kami berharap, workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang baik tentang dasar pengecatan pada mobil, termasuk tips dan trik dalam menjaga cat bodi mobil kesayangan Sahabat, sehingga penampilan tetap terjaga dan menambah kenyamanan dalam berkendara," ujar Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM Bambang Supriyadi.

Baca juga: Rawat warna kendaraan dengan lima langkah ini

Baca juga: Scuto Paint tawarkan layanan pengecatan hingga perbaikan bodi mobil

Baca juga: Belkote hadirkan cat dasar untuk modifikasi velg
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022