Aktivitas lalu lintas warga kota Mamuju sempat terhenti karena banjir menggenangi sejumlah ruas jalan maupun jalur trans Sulawesi yang melintas di kota Mamuju.
Mamuju (ANTARA) - Satu rumah warga yang terletak BTN Puri 2 lingkungan Korongana Kelurahan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju ditimpa longsor setelah hujan deras mengguyur seluruh wilayah Kota Mamuju.

Hujan deras yang terjadi Kamis sejak pukul 03.00 WITA selama lima jam, membuat salah satu rumah tertimpa longsor dan sehingga kerusakan berat di BTN Puri 2 Kelurahan Simboro Kepulauan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Taslim Sukirno mengatakan, setelah hujan deras terjadi, longsor jatuh dari atas gunung dibelakang kompleks perumahan warga, dan membuat rumah warga tersebut tertimpa dan mengalami kerusakan .

Dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun pemilik rumah mengalami kerugian.

Ia menyampaikan, selain mengakibatkan longsor hujan deras juga membuat wilayah Kota Mamuju juga direndam banjir.

"Sekolah, fasilitas pemerintah, jalan, dan pusat pelayanan lainnya direndam banjir akibat meluapnya sungai di sejumlah wilayah Mamuju," katanya.

Aktivitas lalu lintas warga kota Mamuju sempat terhenti karena banjir menggenangi sejumlah ruas jalan di kota Mamuju maupun jalur trans Sulawesi yang melintas di kota Mamuju.

Ia menyampaikan, BPBD Mamuju telah mencatat 543 rumah warga yang dihuni ribuan jiwa di Mamuju dilaporkan terdampak banjir.

Pemukiman terendam banjir diantaranya terdapat di antaranya BTN Ampi dan kompleks Pemda Kelurahan Rimuku, kemudian dilingkungan Tima Kelurahan Mamunyu, selain itu di Lingkungan Tegar Kelurahan Simboro.

"Semoga banjir ini cepat surut agar pemerintah segera dapat menanggulangi banjir yang merendam kota Mamuju, dan situasi kembali normal," katanya.
Jalur trans Sulawesi yang melintas di jalan kota Mamuju, direndam banjir setelah hujan deras melanda wilayah Kota Mamuju Kamis (27/10/2022) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Ia meminta agar masyarakat tetap waspada karena cuaca ektrim masih melanda wilayah Kota Mamuju yang mengakibatkan curah hujan tinggi dan dapat mengakibatkan banjir dan longsor.
Baca juga: Pemprov Sulbar percepat pemulihan setelah banjir bandang
Baca juga: Jalan poros Mamuju Mamasa tertutup longsor
Baca juga: Tiga warga terluka akibat longsor Mamuju

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022