Kami telah menerima laporan dari masyarakat dan jenisnya adalah paus "pilot whale"
Sorong, Papua Barat (ANTARA) - Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (PSPL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  Sorong menyebutkan bahwa mamalia laut yang ditemukan masyarakat mati terdampar di perairan Misool Utara Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pada 25 Oktober 2022 adalah ikan paus jenis "pilot whale".

Sub Koordinator Pendayagunaan dan Pelestarian Loka PSPL Sorong, Hendrik Sombo di Sorong, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat dan jenisnya adalah paus pilot whale.

Dia mengatakan bahwa ada tiga metode penanganan yang bisa dilakukan bagi bangkai mamalia tersebut yakni penguburan, pembakaran, dan penenggelaman.

Ia menjelaskan  bahwa untuk tiga pilihan dimaksud tergantung dari sumber daya yang tersedia, karena masing-masing pilihan punya konsekuensi kebutuhan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan.

Khusus untuk area yang dekat dengan kota, kata dia, pihaknya rekomendasikan penguburan karena alat berat masih mudah didapat serta masih mudah mengakses lokasi.

Sedangkan untuk metode penenggelaman, tim akan membutuhkan kapal, pemberat, jaring dan pengikat yang biasanya juga agat sulit didapatkan di area-area perairan.

Pilihan penguburan ada kemungkinan bisa dilakukan karena biasanya di daerah-daerah pulau tersedia bahan bakar, namun perlu dukungan dari masyarakat untuk proses pembakaran.

Pengalaman di tempat lain saat memilih metode pembakaran, masih diperlukan bahan bakar tambahan seperti ban-ban bekas dan minyak tanah. Berdasarkan pengalaman upaya pembakarannya dilakukan hingga 3-5 hari penyusutan 85 persen sampai bangkai tidak lagi menimbulkan bau.

Dikatakan bahwa ada satu metode yang mudah diterapkan namanya dekomposisi alami. Metode dekomposisi alami diambil jika ke-3 metode tadi yakni penguburan, pembakaran, dan penenggelaman sulit diterapkan.

Prosesnya perlu ada persetujuan masyarakat dan tim penanganan, dan lokasi yang dipilih dipastikan jauh dari pemukiman dan aktivitas masyarakat seperti aktivitas memancing, berkebun.

"Bangkai bisa ditambatkan di pantai dan diupayakan diikat di daerah vegetasi, sehingga tidak mudah hanyut oleh ombak dan arus," kata Hendrik Sombo..

Sebelumnya, masyarakat melaporkan menemukan paus berukuran besar terdampar dan dalam kondisi sudah mati di perairan Distrik Misool Utara Kabupaten Raja Ampat.

Bangkai Paus tersebut ditemukan oleh masyarakat nelayan dan anggota tim penjaga laut kawasan konservasi Misool Utara binaan Yayasan Nazaret Papua dan melaporkan kepada Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Kementerian Kelautan dan Perikanan di Kota Sorong.

Baca juga: Warga temukan paus dalam kondisi mati di perairan Raja Ampat

Baca juga: TN Teluk Cendrawasih ajak masyarakat jaga populasi hiu paus

Baca juga: KKP tandai kemunculan hiu paus di perairan Kaimana Papua Barat

Baca juga: Masyarakat temukan hiu paus mati terapung di perairan Raja Ampat

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022