Untuk di sini, harga daging ayam itu Rp32 ribu per kilogram, itu menurut saya terlalu murah
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Besar Kota Malang, Jawa Timur, dan menyatakan harga komoditas penting di wilayah tersebut dalam kondisi yang stabil.

Mendag Zulkifli di Kota Malang, Jumat, mengatakan rata-rata harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Besar Kota Malang, seperti daging ayam, telur, bawang merah, dan cabai, berada dalam kisaran harga yang rendah.

"Untuk di sini, harga daging ayam itu Rp32 ribu per kilogram, itu menurut saya terlalu murah," kata Mendag.

Ia  menjelaskan berdasarkan data yang ia miliki bahwa modal untuk satu ekor ayam potong berada pada kisaran Rp24.000 per kilogram, sehingga dengan harga di tingkat pasar sebesar Rp32.000 tersebut, dikhawatirkan menyebabkan peternak ayam merugi.

Menurutnya, harga untuk daging ayam yang ideal tersebut berada pada kisaran Rp35 ribu per kilogram. Selain daging ayam, harga telur ayam di Kota Malang yang sebesar Rp26 ribu per kilogram, juga dinilai masih rendah.

"Untuk harga daging ayam yang wajar itu Rp35.000 per kilogram. Kalau Rp32.000, peternak ayamnya itu akan rugi. Sementara untuk telur Rp26.000 per kilogram, seharusnya kisaran Rp27.000 - Rp28.000, tapi masih tidak apa-apa pada kisaran Rp26.000," ujarnya.

Baca juga: Mendag harap harga sejumlah kebutuhan pokok tetap stabil

Sementara untuk komoditas lainnya seperti bawang merah berkisar Rp30.000 per kilogram dan dalam kondisi stabil. Harga cabai rawit juga cukup murah berkisar Rp35.000 per kilogram dan cabai merah Rp30.000 per kilogram.

"Sementara untuk beras bervariasi untuk yang jenis premium. Tapi untuk beras medium Bulog, harganya Rp9.000 per kilogram, tidak bisa naik, tidak bisa turun. Tetap sama dimana-mana," ujar Mendag.

Ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang mampu mengendalikan harga bahan pokok di wilayah tersebut. Ia meminta agar pemerintah daerah terus mengawasi harga-harga bahan kebutuhan pokok tersebut karena menyangkut kebutuhan masyarakat.

"Karena ini keperluan masyarakat banyak. Memang harga harus dikendalikan," ujar Mendag.

Berdasarkan pantauan di Pasar Besar Kota Malang harga komoditas yang berada dalam kondisi stabil antara lain adalah gula pasir Rp13.000 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp19.000 per liter, minyak goreng curah Rp14.000 per liter, dan Minyakita Rp14.000 per liter.

Kemudian, tepung terigu Rp13 ribu per kilogram, daging sapi Rp125 ribu per kilogram, bawang merah Rp32 ribu per kilogram dan bawang putih Rp20 ribu per kilogram.

Baca juga: Mendag minta pemkot kawal kebijakan jaga stabilitas bahan pokok
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022