Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) secara langsung kepada 11 desa binaan Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas atas usahanya membangun Indonesia berketahanan iklim.

"Penghargaan yang diberikan kepada ibu dan bapak yang hadir pada hari ini merupakan pengakuan resmi atas kerja keras ibu dan bapak aktor aksi agenda iklim di lokasi ProKlim,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Dalam puncak Festival Iklim yang mengusung tema "Tingkatkan Aksi Iklim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" pada Jumat (28/10) itu, ia mengapresiasi pejuang ProKlim untuk melakukan aksi nyata membangun Indonesia yang berketahanan iklim melalui pembangunan rendah emisi gas rumah kaca atau karbon.

Adapun 11 desa binaan yang memperoleh penghargaan ProKlim yang meliputi empat desa binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di antaranya PT Wirakarya Sakti Dusun Mudo, dan Desa Sungai Terap, Jambi, serta PT Arara Abadi di Desa Pinang Sebatang Timur, dan Desa Muara Kelantan, Riau.

Penghargaan ProKlim juga diberikan pada tujuh desa binaan program CSR dari pabrik, di antaranya PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Perawang di Desa Tualang Riau, PT IKPP Tangerang di Desa Pakulonan, Desa Pakualam, dan Desa Jelupang, Tangerang, Banten, PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills di Desa Kutamekar, dan Desa Kutanegara, Karawang Jawa Barat serta PT Ekamas Fortuna di Desa Sengguruh di Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Wali Kota Madiun raih penghargaan Pembina Proklim 2022 dari KLHK

Selain 11 desa binaan tersebut, Siti menyatakan jika PT Wirakarya Sakti (WKS) juga memperoleh penghargaan sebagai perusahaan yang konsisten dalam mendukung ProKlim.

Melalui penghargaan tersebut, ia berharap, semua kepala daerah bersama dengan pemangku kepentingan terkait memperluas cakupan kerja samanya, sehingga dapat mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap perbaikan lingkungan di sekitarnya.

“Kepala daerah yang telah menjalankan fungsi pembinaan dengan baik, begitu pula dunia usaha yang mengambil peran aktif dalam mendukung dan mendampingi pelaksanaan ProKlim," kata Siti.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan bahwa dukungan terhadap ProKlim merupakan perwujudan peran serta perusahaan dalam melibatkan, membina, dan bersinergi dengan masyarakat untuk berperan aktif dalam aksi nyata memitigasi perubahan iklim.

"Dalam mendukung Proklim kami berupaya memperkuat program DMPA di lingkup unit forestry, dan program CSR di lingkup pabrik kami. Program ini dijalankan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mencapai keberlanjutan lingkungan dan hutan, serta mensejahterakan masyarakat sekitar operasional kami," ujarnya.

Baca juga: KLHK perbanyak lokasi ProKlim teregistrasi ke Sistem Registri Nasional
Baca juga: KLHK: Pelibatan di tapak tingkatkan ketahanan dan capai target iklim


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022