Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto yang menampilkan mobil terjungkal di sebuah area terbuka dan dikelilingi pepohonan muncul sebagai unggahan Facebook pada 20 Oktober 2022.

Dalam foto itu, tampak sejumlah orang berseragam jingga berkerumun di sekitar mobil yang sudah dalam posisi terbalik pada malam hari.

Akun pengunggah foto itu menambahkan tautan situs menyerupai situs media massa dengan judul konten bus dalam foto itu mengalami kecelakaan masuk ke jurang.

Berikut keterangan yang disematkan pada unggahan itu:“Kejadian Malam Ini, 11 Meninggal. Bus Ibu-ibu senam masuk ke jurang. 3 diantaranya hamil muda”.

Sementara ketika tautan yang disertakan dibuka, disebut pula peristiwa itu terjadi di Aceh Tengah.

Unggahan itu mendapatkan reaksi dari 10 pengguna lain Facebook, selain dua komentar.

Lantas, benarkah terjadi foto kecelakaan mobil masuk jurang itu terjadi di Aceh Tengah seperti disebut dalam unggahan Facebook?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan foto peristiwa kecelakaan bus masuk jurang berlokasi di Aceh Tengah. Faktanya, perisitwa itu terjadi di Sumedang, Jawa Barat. (Facebook)


Penjelasan:
Foto kecelakaan mobil terbalik seperti diunggah di Facebook itu bersumber asli foto ANTARA.

Sementara, peristiwa kecelakaan bus seperti tampak pada karya pewarta ANTARA Bagus Ahmad Rizaldi itu terjadi jalur alternatif Garut-Sumedang, Jawa Barat.

Peristiwa kecelakaan itu bukan terjadi di Aceh Tengah.

Laporan Bagus Ahmad Rizaldi telah diunggah di Antaranews.com pada 11 Maret 2021.

Kecelakaan bus itu menyebabkan 22 penumpang meninggal dunia, penumpang luka berat 13 orang, dan 15 penumpang luka ringan.

Dengan demikian, unggahan Facebook yang menyatakan foto peristiwa kecelakaan bus terbalik dan masuk jurang berlokasi di Aceh Tengah merupakan kabar bohong dan menyesatkan.

Klaim: Foto kecelakaan mobil masuk jurang di Aceh Tengah
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Rombongan Ferdy Sambo kecelakaan dan tewas

Cek fakta: Hoaks! Bus rombongan Paskibraka kecelakaan di Papua

Baca juga: SAR Bandung : Korban kecelakaan bus di Tasikmalaya ditemukan tewas

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022