Semarang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah meringkus dua komplotan pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil yang sudah beraksi di belasan tempat di provinsi ini.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Djuhandani di Semarang, Jumat, mengatakan kedua komplotan lintas provinsi ini setidaknya sudah beraksi di 17 tempat kejadian perkara (TKP) pada dua bulan terakhir ini.

"Dua kelompok berbeda ini masing-masing ditangkap di Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Cilacap," katanya.

Menurut dia, komplotan pertama beranggotakan enam orang ditangkap di Cilacap, sedangkan komplotan kedua yang beranggotakan lima tersangka ditangkap di Temanggung.

Baca juga: Polresta Serang tangkap 5 tersangka pencurian modus pecah kaca mobil
Baca juga: Pelaku pencurian modus pecah kaca dua orang


Ia menuturkan kedua komplotan ini sama-sama menyasar korban nasabah bank yang baru saja mengambil uang dalam jumlah besar

Para pelaku, lanjut dia, memiliki peran masing-masing, mulai dari yang berperan memantau di dalam bank, mengikuti target hingga eksekutor memecah kaca mobil korban.

"Komplotan ini menggunakan pecahan busi atau cincin yang dipasangi alat pemotong kaca untuk memecah mobil korban," katanya.

Dari kedua komplotan ini diamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp40 juta dan uang dalam rekening sebesar Rp90 juta yang diduga merupakan sisa hasil rampokan.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian.
 

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022