Surabaya (ANTARA) - Atlet panahan Riau Ega Agata Salsabila dan atlet wushu Alisya Mellynar terpilih sebagai atlet putra-putri terbaik versi KONI Jatim Award 2022 yang seremonial pemberian penghargaannya dilaksanakan di Surabaya, Jumat (4/11) malam.

"Ini kegiatan monumental sebagai catatan sejarah untuk insan olahraga di Jawa Timur. Apa yang dilakukan bisa memberi keteladanan kepada atlet kita semua. Ini sebuah kegiatan untuk pencatatan dokumentasi karya prestasi olahraga," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim Muhammad Nabil di siaran tertulisnya di Surabaya, Sabtu.

Penghargaan KONI Jatim Award 2022 juga diberikan pelatih gulat Rakhman terpilih sebagai pelatih terbaik dan tim basket putri Jatim sebagai tim/regu terbaik. Kemudian, lifter Luluk Diana Tri Wijayana dan atlet loncat indah Gladies Lariesa Gania terpilih sebagai atlet muda potensial.

Tak hanya itu, penghargaan KONI Jatim juga diberikan kepada KONI Surabaya, KONI Bangkalan sebagai pembina olahraga yang mencatatkan prestasi. Selanjutnya Pengprov POSSI Jatim sebagai pengprov cabang olahraga terbaik.

Baca juga: Riau Ega/Rezza persembahkan emas ISG 2021 sebagai kado HUT ke-77 RI
Baca juga: Sarapan juara dan emas PON pertama Alisya Mellynar


Wali Kota Malang Sutiaji dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq terpilih sebagai Kepala Daerah Peduli Olahraga. Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didapuk sebagai Bunda Olahraga Jatim.

Penghargaan juga diberikan kepada lima mantan atlet yang pernah mengharumkan Jawa Timur yakni mantan pemain sepak bola M Sohech, mantan petinju Andrian Kaspari, mantan atlet hoki Miserin, mantan atlet voli pasir Nur Mufid dan mantan atlet bulutangkis Ferry Stewart .

Nabil menyampaikan, nama-nama yang dipilih merupakan hasil penjaringan sesuai dengan prestasi dan hasil karya atlet, pelatih hingga stakeholder olahraga.

Dia mencontohkan, KONI Bangkalan yang layak mendapat penghargaan sebagai KONI terbaik karena prestasinya yang luar biasa pada gelaran Porprov Jatim 2022.

"Ini contoh nyata ketika daerah serius menggarap olahraga dapat mempertanggungjawabkan sebagai prestasi," kata mantan Komisioner KPU Jatim itu.

Untuk itu, dia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memicu semangat seluruh stakeholder olahraga termasuk pemerintah mendukung peningkatan prestasi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Asisten I Setdaprov Jatim Benny Sampirwanto menyampaikan, apresiasi atas terselenggaranya KONI Jatim Award 2022 karena akan menggairahkan spirit berprestasi di seluruh Jatim.

"Penghargaan ini sebagai apresiasi atas kerja dan usaha dalam mengharumkan nama Jawa Timur. Tetap semangat meraih prestasi karena medali emas sebenarnya tidak terbuat dari emas tapi karena keringat tekad dan keyakinan anda semua," kata Benny Sampirwanto.

Baca juga: KONI Pusat beri penghargaan untuk 'Bapak Pencak Silat' Eddie Marzuki
Baca juga: Tan Joe Hok dianugerahi Lifetime Achievement Award

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022