China akan menetapkan sejumlah taman nasional, yang mencakup sekitar 10 persen dari luas daratan negara
Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menyampaikan China akan mendorong pembangunan berkualitas tinggi dalam konservasi lahan basah.

Xi melontarkan itu ketika menyampaikan pidato melalui video pada upacara pembukaan Konferensi Ke-14 Para Pihak Penanda Tangan Konvensi Ramsar tentang Lahan Basah (14th Meeting of the Conference of the Contracting Parties to the Ramsar Convention on Wetlands/COP14) di Wuhan (China) dan Jenewa (Swiss) pada 5-13 November 2022.

"China baru-baru ini menyusun rencana tata letak taman-taman nasional. Berdasarkan rencana tersebut, China akan menetapkan sejumlah taman nasional, yang mencakup sekitar 10 persen dari luas daratan negara," tutur Xi, seraya menambahkan bahwa sekitar 11 juta hektare lahan basah akan dimasukkan ke dalam sistem taman nasional.

Menurut Xi, sebuah rencana konservasi lahan basah nasional dan proyek konservasi utama akan dilaksanakan di China.

Selain itu, China akan mendorong pertukaran dan kerja sama internasional untuk melindungi empat rute migrasi burung yang melewati China dan membangun pusat mangrove internasional di Shenzhen.

Xi mengungkapkan bahwa China telah meningkatkan area lahan basah menjadi 56,35 juta hektare, menerapkan sistem perlindungan, dan memberlakukan Undang-Undang Konservasi Lahan Basah.

"Lahan basah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari banyak kota di China seperti Wuhan, yang menjadikan kota-kota tersebut lebih layak huni," imbuh Xi.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022