Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Minggu (6/11) saling bertukar ucapan selamat dengan Presiden Madagaskar Andry Rajoelina atas peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara.

Sejak pembentukan hubungan diplomatik 50 tahun silam, hubungan China-Madagaskar berkembang dengan baik dan stabil, terlepas dari perubahan yang terjadi di lanskap internasional, kata Xi dalam pesannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kedua negara menjalin kemitraan kerja sama yang komprehensif, dengan meningkatkan rasa saling percaya politik serta pertukaran dan kerja sama yang bermanfaat di berbagai bidang, tutur Xi.

Xi mengungkapkan bahwa dirinya sangat mementingkan pengembangan hubungan China-Madagaskar, dan bersedia bekerja dengan Rajoelina untuk menjadikan peringatan itu sebagai kesempatan untuk terus mempromosikan kerja sama persahabatan antara kedua negara, sehingga menguntungkan kedua negara dan rakyatnya.

Rajoelina menyatakan bahwa sejak pembentukan hubungan diplomatik 50 tahun silam, Madagaskar dan China memperdalam kerja sama persahabatan di berbagai bidang, yang telah membuahkan hasil yang bermanfaat.

Menyebut bahwa kemitraan kerja sama komprehensif China-Madagaskar ditandai dengan ketulusan, persahabatan, saling menghormati, saling percaya, dan dukungan timbal balik, Rajoelina menyampaikan bahwa Madagaskar bersedia bekerja sama dengan China untuk membangun komunitas yang lebih erat dengan masa depan bersama.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022