Tahun ini, kita akan ada sedikit perbedaan, yaitu dengan adanya beragam aktivitas dan kegiatan yang dibagi menjadi tiga aktivitas utama, yaitu SMEXPO Edutainment, SMEXPO Expressions dan SMEXPO Extravaganz
Jakarta (ANTARA) - Pertamina akan mengadakan pameran SMEXPO 2022 dengan target 1.000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama 28 November-4 Desember 2022 secara hybrid

Vice President Corporate Social Responsibility & Small Medium Entreprise Partnership (CSR SMEPP) Fajriyah Usman menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan lebih banyak lagi UMKM yang terlibat dibandingkan tahun sebelumnya dengan ribuan produk-produk unggulan nan menarik dan berkualitas.

“Pertamina SMEXPO 2022 pertama kali diadakan pada tahun 2020 sebagai inovasi Pertamina untuk memperluas pasar UMKM melalui pameran hybrid dan marketplace UMKM, terutama Mitra Binaan Indonesia. Kini, Pertamina akan kembali menggelar SMEXPO 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November hingga 4 Desember 2022,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin.

Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, UMKM yang mengikuti Pertamina SMEXPO akan dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu fashion, craft, agrobusiness, furniture, hingga makanan dan minuman khas Nusantara.

Sebanyak 1.000 target UMKM yang akan terlibat dinyatakan telah melalui tahap inkubasi dan memiliki kualitas terbaik nan tidak kalah saing dengan produk internasional.

“Tahun ini, kita akan ada sedikit perbedaan, yaitu dengan adanya beragam aktivitas dan kegiatan yang dibagi menjadi tiga aktivitas utama, yaitu SMEXPO Edutainment, SMEXPO Expressions dan SMEXPO Extravaganz,” ungkap dia

SMEXPO Edutainment merupakan kegiatan yang berkaitan dengan upskilling dan sharing session bagi UMKM dan audiens dengan sesi yang light and fun.

Kedua, SMEXPO Expressions berkaitan dengan showcase UMKM di mana mereka bebas untuk memamerkan produk dan kualitasnya. “Aktivitas ini juga terdapat di dalam platform yang dibuat dan dimanfaatkan bagi UMKM dan pelanggan,” ucap Fajriyah.

Selanjutnya ialah SMEXPO Extravaganz yang merupakan semua aktivitas komunikasi sebagai “wake up call” dengan memberikan nilai tambahan yang diberikan kepada pelanggan untuk mencapai perhatian mereka dan mengarah pada proses penjualan dalam sektor ritel secara langsung.

Tidak hanya menyediakan tempat belanja di marketplace, Pertamina SMEXPO disebut memberikan fungsi lebih bagi UMKM yang turut serta dalam ajang tersebut.

Fajriyah mengatakan Pertamina SMEXPO memiliki program khusus bagi UMKM berupa business matching dan coaching session yang merupakan bagian dari SMEXPO Edutainment agar UMKM dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dan dapat memperluas pasar mereka.

Di sisi hiburan, pengunjung juga dapat menikmati berbagai hiburan yang dikemas dalam program SMEXPO Live Show dengan menampilkan artis-artis ternama Ibu Kota.

Pertamina mempersiapkan SMEXPO Showcase yang diadakan secara hybrid di salah satu mal di Kota Jakarta di bulan November 2022.

Acara pembukaan Pertamina SMEXPO akan dilaksanakan di Gedung Grha Pertamina dan dapat disaksikan secara langsung dari kanal YouTube Gen UMKM.

SMEXPO 2022 menghadirkan pergelaran hybrid exhibition mengusung konsep Metaverse mengingat jaman sekarang yang sudah serba digital.

Karena itu, SMEXPO menghadirkan hybrid exhibition dan marketplace berisi produk-produk kebanggaan asli Indonesia untuk pelanggan setia SMEXPO agar mendapatkan pengalaman berbelanja dengan konsep kekinian.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://smexpo.pertamina.com/.

Baca juga: Pertamina adakan pelatihan barista bagi disabilitas demi kesetaraan
Baca juga: Pertamina dukung UMK difabel di Maluku melalui program mitra binaan

Baca juga: Pertamina SMEXPO 2021 buat produk UMKM di Kaltim lebih dikenal
 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022