Depok (ANTARA) - Konferensi pendidikan tingkat tinggi se-Asia Pasifik yakni QS Higher Ed Summit Asia Pasifik 2022 membahas tantangan dan peluang pendidikan tinggi di Asia Pasifik yang akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, Selasa.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Selasa mengatakan kepercayaan yang diberikan pada UI sebagai host dari QS Higher Ed Summit Asia Pasifik 2022 menunjukkan bahwa pendidikan tinggi Indonesia direkognisi di kancah internasional sekaligus menjadi wadah untuk memperluas jejaring UI diantara perguruan tinggi internasional.

Universitas Indonesia menjadi host QS Higher Ed Summit: Asia Pasifik 2022 bersama Quacquarelli Symonds (QS) analis pendidikan tinggi global, dan co-host Prince of Songkla University (PSU).
Event ini berlangsung selama tiga hari (8-10 November 2022) di Hotel Intercontinental Jakarta.

QS Higher Ed Summit: Asia Pasifik 2022 mengumpulkan pemikiran dari para pemimpin dan pakar di bidang pendidikan tinggi untuk membahas “The Next Big Thing: Addressing new opportunities and existing challenges in APAC higher education”.

Acara ini juga diharapkan menghasilkan sumbangan pemikiran terhadap peluang baru dan tantangan yang dihadapi pendidikan tinggi di Asia Pasifik.

Baca juga: Mahasiswa UI terbaik presentasi konferensi internasional di Korsel

Baca juga: UI gelar konferensi internasional dukung presidensi G20


Sejumlah pembicara akan  memaparkan pemikiran mereka pada ajang prestisius ini, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia LB Panjaitan; Wakil Menteri Keuangan Prof. Suahasil Nazara, President of Prince of Songkla University Asst. Prof. Dr Niwat Keawpradub; Director SEAMOA Secretariat Dr. Ethel Agnes Pascua-Valenzuela, ; dan pembicara lainnya dari universitas di Asia Pasifik.

Acara ini akan berlangsung dengan format diskusi panel. Para peserta akan membahas tren mendatang untuk kawasan Asia Pasifik, kebutuhan dan keinginannya, serta peluang-peluang baru yang dihadapi perguruan tinggi.

Ada beberapa subtema yang akan dibahas, diantaranya Charting a Sustainable Future: Universities’ Responsibilities and Commitments, Partnerships, The Role of Higher Education in pushing towards Renewable Energy Transition, Collaboration, Lifelong Skills in a Changing World, dan lainnya.

Konferensi ini terbuka untuk umum, setelah terlebih dahulu melakukan registrasi melalui tautan: https://qshesummits.com/asia-pacific/. Selain diskusi panel, konferensi ini juga menghadirkan lebih dari 50 booth yang diisi oleh universitas-universitas di Asia Pasifik. Acara ini diselenggarakan secara hybrid yang dapat diikuti di Youtube Universitas Indonesia pada tautan ui.id/Youtube.

Baca juga: Vokasi UI gandeng enam universitas gelar konferensi internasional

Baca juga: UI gagas konferensi internasional pendidikan tinggi Vokasi

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022