Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum pada Rabu (9/11) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Bareskrim geledah kantor Pusat Pertamina Patra Niaga hingga memaknai Hari Pahlawan.
 
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
1. Bareskrim geledah kantor pusat PT Pertamina Patra Niaga
 
Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri menggeledah kantor pusat PT Pertamina Patra Niaga (PPN) di Gedung Wisma Tugu Jl Rasunan Said, Jakarta Selatan, Rabu.
 
Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Cahyono Wibowo mengatakan, penggeledahan tersebut dilakukan terkait penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi jual beli BBM non-tunai antara PT PPN dengan PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT) periode 2009-2012.
 
"Tujuan penggeledahan dalam rangka mencari barang bukti atau alat bukti lain guna membuat terang tindak pidana yang sedang kami selidiki," kata Cahyono di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini

2. Wamenkumham ajak memaknai Hari Pahlawan untuk lawan masalah bangsa
 
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengajak masyarakat memaknai peringatan Hari Pahlawan pada 10 November untuk melawan setiap masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.
 
"Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar seremonial saja, lebih dari itu, bagaimana kita mengambil makna yang terkandung di dalamnya," kata Edward dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan 10 November di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini

3. Kejagung periksa Ketua Himpunan Masyarakat Petambak Garam Jatim
 
Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung memeriksa Ketua Himpunan Masyarakat Petambak Garam Jawa Timur berinisial MH sebagai saksi terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi pemberian fasilitas impor garam industri tahun 2016-2022.
 
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan pemeriksaan saksi dilakukan di ruang pemeriksaan Gedung Bundar Jampidsus Kejaksaan Agung, Jakarta.
 
Selengkapnya di sini

4. Jaksa tuntut hukuman mati dua pengedar 53 kg sabu asal Aceh
 
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Alfriady Effendy menuntut dua terdakwa pengedar 53,59 kilogram narkotika jenis sabu asal Aceh dengan hukuman mati.
 
Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang Kelas I Bandarlampung, Provinsi Lampung, Rabu, Jaksa Alfriady membacakan tuntutan hukuman mati untuk dua terdakwa bernama Baihaqi (38) dan Anwar (37).
 
Selengkapnya di sini

5. KPK yakin kebijakan pengamanan di MA tak terkait penggeledahan
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini kebijakan pengamanan di lingkungan Mahkamah Agung (MA) tidak terkait dengan kegiatan penggeledahan beberapa waktu lalu.
 
MA memutuskan untuk meningkatkan pengamanan di lingkungannya dengan mengambil personel Tentara Nasional Indonesia (TNI)/militer dari pengadilan militer.
 
"Kami meyakini kebijakan tersebut tentu tidak ada kaitannya dengan kegiatan KPK beberapa waktu yang lalu di Gedung MA," ucap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya pada Rabu.
 
Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022