Temanggung (ANTARA) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Temanggung di Provinsi Jawa Tengah menaburkan bunga dari atas Jembatan Sungai Progo untuk memperingati Hari Pahlawan, Kamis.

Bupati Temanggung M. Al Khadiq mengatakan bahwa Jembatan Sungai Progo merupakan saksi pembantaian yang dilakukan oleh pasukan Belanda terhadap perjuang kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

"Para pejuang dibantai oleh pasukan Belanda di jembatan ini. Mereka disuruh jalan di atas rel kereta api, kemudian ditembak dari jembatan ini, dan korban cukup banyak dari tokoh pejuang di Kabupaten Temanggung," kata Bupati.

"Setiap peringatan Hari Pahlawan kami selalu menabur bunga di atas jembatan ini dan berziarah ke makam (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) Bambang Soegeng dan makam pahlawan kusuma bangsa lainnya untuk mendoakan mereka dan mengenang jasa-jasa mereka," katanya.

Ia mengemukakan bahwa acara tabur bunga juga dilakukan untuk mengajak generasi muda menghargai perjuangan para pahlawan serta meneladani mereka.

Khadiq menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan bersamaan dengan hari ulang tahun Temanggung.

"Ini momentum bagi masyarakat Kabupaten Temanggung merayakan ulang tahun dengan terus meneladani apa yang telah diajarkan para pendahulu," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengajak kaum muda mengisi kemerdekaan dengan terus berkarya serta mendukung upaya untuk memajukan bangsa.

Baca juga:
Komnas Perempuan: Tiga tokoh perempuan layak ditetapkan jadi pahlawan
Wakil Presiden pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022