Harbin (ANTARA) - Seekor rusa kesturi Siberia tertangkap oleh kamera inframerah di Taman Nasional Harimau dan Macan Tutul China Timur Laut yang terletak di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, bulan ini, menurut kantor Dongning dari biro manajemen taman tersebut.

Dilansir Xinhua, Kamis, rusa itu terlihat pada 2 November lalu dan kemudian diidentifikasi oleh para ahli sebagai rusa betina dewasa. Ini kali pertama sejak 2013 rusa itu ditemukan oleh kantor Dongning.

Rusa kesturi Siberia, yang berada di bawah perlindungan nasional kelas satu di China, memiliki indra penglihat dan pencium yang tajam. Spesies ini dikenal dengan musk atau kesturi yang dimiliknya, zat aromatik yang umumnya digunakan dalam parfum di seluruh dunia dan digunakan secara luas dalam pengobatan herbal tradisional di China. Karena jumlahnya tidak banyak, hewan yang penuh kewaspadaan ini jarang terlihat di alam liar.

China secara resmi menetapkan kelompok pertama taman nasional pada 2021, termasuk Taman Nasional Harimau dan Macan Tutul China Timur Laut, yang membentang di area seluas lebih dari 1,4 juta hektare di provinsi Jilin dan Heilongjiang.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022