Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin sekaligus VP of RnD Paragon Technology and Inovation, Sari Chairunisa, mengatakan antioksidan merupakan salah satu kandungan penting dalam merawat kulit wajah.

Skincare kita itu idealnya pakai yang ada kandungan antioksidannya,” kata dr. Sari dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (10/11) petang.

Adapun antioksidan diperlukan manusia sebagai penangkal radikal bebas. Umumnya, radikal bebas dapat menimbulkan beberapa masalah seperti penuaan dini, munculnya bintik hitam di kulit, hingga kulit keriput.

Dengan mengonsumsi sumber antioksidan, diharapkan setiap orang bisa mencegah beragam masalah kulit tersebut.

Lebih lanjut, dr. Sari mengatakan, salah satu makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang baik adalah jenis-jenis buah beri.

Ia menambahkan, buah-buahan beri merupakan salah satu superfood yang kini banyak dipilih untuk dikonsumsi. Selain antioksidan, buah beri juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga bermanfaat baik untuk dalam maupun luar tubuh.

Jika dikonsumsi, buah beri membantu tubuh melawan bakteri, meningkatkan daya tahan tubuh, menetralisir sumber oksidan, membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengendalikan gula darah, menetralkan kandungan lemak dan kolestrol jahat, serta menjaga kesehatan kulit.

“Untuk (buah beri) dalam kandungan skincare, mereka juga punya kerja ke melanin, pigmentasi dan oil control yang lebih baik. Dengan kandungan-kandungan lain dan vitamin, tentunya akan lebih optimal,” kata dr. Sarah.

Adapun beberapa buah beri dipilih dalam rangkaian produk Wardah Perfect Bright dengan formula yang telah diperbaharui dengan 4x Bright Series.

Pertama ada goji berry yang kaya akan mineral, vitamin C, vitamin B-complex, vitamin E, beta sitosterol, dan fatty acids. Selain itu, ada pula amethyst berry yang kaya dengan polyphenol dan organic compound.

Lebih lanjut, terdapat juga acai berry yang memiliki antosianin. Kandungan ini memiliki sifat antioksidan yang sangat baik, serta kandungan vitamin C dan vitamin E.

Buah beri terakhir ada cranberry yang mengandung asam organik, AHA, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B3. Buah ini juga memiliki sifat antimikroba dari kandungan asam organik dan asam fenolik.


Baca juga: Dokter kupas mitos dan fakta soal kecantikan

Baca juga: Tiga rangkaian "skincare" pria untuk kulit wajah sehat

Baca juga: Pakar: ini tiga hal sebabkan masalah pada kulit pria


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022