Madiun (ANTARA) - PT INKA Multi Solusi Trading, cucu perusahaan BUMN Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero), mengekspor sebanyak 30 car set bogie frame atau sasis untuk kereta api penumpang ke Bangladesh.

Direktur Utama PT INKA Multi Solusi Trading (IMST) Wai Wahdan dalam keterangannya di Madiun, Sabtu, mengatakan seremoni pelepasan ekspor 30 car set bogie frame untuk kereta penumpang ke Chittagong, Bangladesh, dilakukan pada Jumat 11 November 2022 di gudang PT IMST.

"Dengan adanya ekspor bogie frame kereta ini, kita dapat mempertahankan negara Bangladesh sebagai pasar tradisional," ujar Wai Wahdan.

Menurut dia, ekspor tersebut sukses direalisasikan oleh PT IMST tidak lepas dari dukungan INKA Group.  Ia mengatakan dalam ekspor bogie frame ke Bangladesh kali ini juga melibatkan vendor-vendor yang membentuk sinergi antar-BUMN serta anak perusahaan.

Baca juga: Anak perusahaan INKA ekspor AC kereta api ke Filipina

Dengan ekspor ke  Bangladesh, kata dia, maka meningkat peluang ekspor IMST, tidak hanya untuk mempertahankan pasar di Bangladesh tapi juga negara lainnya sebagai target pasar luar negeri.

Sesuai data, PT INKA (Persero) telah beberapa kali mendapatkan pesanan pembuatan kereta untuk Bangladesh sejak tahun 2016. Pesanan tersebut semakin menguatkan strategi BUMN produsen kereta tersebut untuk dapat memasuki pasar global, utamanya di Asia.

"Harapan ke depannya, INKA tidak berhenti di sini tetapi nanti akan ada lagi ekspor-ekspor produk yang lainnya hingga ke kancah internasional," kata Wai Wahdan.

Baca juga: Menhub lepas ekspor tahap pertama gerbong barang INKA ke Selandia Baru

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022