Untuk orang-orang Indonesia yang lagi berjuang di Jepang, sebaliknya orang Jepang yang lagi berjuang di Indonesia semoga bisa menikmati lagu 'Satu Hati' ini
Tokyo (ANTARA) - Penyanyi berkebangsaan Jepang Hiroaki Kato menyuarakan semangat kepada diaspora baik Indonesia maupun Jepang yang tengah berjuang lewat lagu “Satu Hati”.

“Untuk orang-orang Indonesia yang lagi berjuang di Jepang, sebaliknya orang Jepang yang lagi berjuang di Indonesia semoga bisa menikmati lagu 'Satu Hati' ini,” kata Hiroaki yang ditemui di Tokyo, Senin.

Dia menuturkan lagu yang ditulis dalam dua bahasa itu, yakni Indonesia dan Jepang tidak terlepas dari pengalamannya tinggal di Indonesia selama delapan tahun dengan segala suka dan duka.

Pria yang fasih berbahasa Indonesia itu meyakini meskipun berbeda bangsa, tetapi dengan tujuan yang sama, yaitu meraih mimpi masing-masing.

Baca juga: Evelin ajak DJ asal Jepang kenalkan bahasa Indonesia lewat musik

Selain lagu Satu Hati (Kokoro Hitotsu Ni) yang dirilis pada September tahun ini, Hiroaki juga baru saja merilis lagu “Laskar Pelangi” dalam dua bahasa Indonesia dan Jepang dan berkolaborasi dengan penyanyi asal Indonesia Maizura pada 2 November lalu.

Hiroaki yang juga penerjemah novel Laskar Pelangi mengatakan tujuan menulis kembali lagu tersebut agar warga Jepang yang juga penggemar dapat turut menikmatinya.

“Karena sudah banyak fans dari lagu, film, baik orang Jepang maupun Indonesia saya rilis lagu Laskar Pelangi dalam dua bahasa supaya orang-orang Jepang bisa menikmati lagunya,” katanya.

Pria yang kerapkali terlibat dalam ajang persahabatan Indonesia dan Jepang itu menuturkan Indonesia dan Jepang memiliki banyak kesamaan, termasuk warna bendera yang tertulis dalam lagu Satu Hati.

“Menurut saya Indonesia dan Jepang ada banyak kesamaan, kita sama-sama makan nasi. Jadi, harapannya selalu selamat berjuang di tempat masing-masing, pantang menyerah dan Laskar Pelangi pelangi selalu bilang berani bermimpi. Jadi di manapun kalian berada di Jepang maupun di Indonesia selamat bermimpi karena kalau berjuang terus tanpa menyerah pasti mimpi akan terwujud,” katanya.

Baca juga: Lagu Indonesia Raya berkumandang di kantor PM Jepang
Baca juga: Indonesia-Jepang adakan konser musik di Osaka


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022