Sungailiat (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bangka Provinsi, Kepulauan Bangka Belitung, Iskandar, mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali. 

"Sebagai wakil rakyat, kami mendukung sepenuhnya penyelenggara KTT G20 Bali untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat," kata dia melalui keterangan, Senin.

Baca juga: PM Kanada Trudeau mendarat di Bali

Ia berpendapat KTT G20 juga akan melanjutkan keseimbangan eksekutif, di sisi lain kegiatan tersebut telah membawa dampak langsung sekaligus membawa peluang dan keuntungan besar bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

"Masyarakat Indonesia patut berbangga karena dipercaya sebagai tuan rumah KTT G20 yang membuktikan di mata dunia Internasional bahwa Indonesia cukup aman," jelasnya.

Baca juga: PM Inggris akan sampaikan 5 rencana ekonomi pada KTT G20

Ia mengatakan, KTT G20 Bali dihadiri delegasi dari Asia dan Eropa merupakan bukti konkrit bahwa Indonesia sebagai negara yang besar yang mampu menujukan pengaruh di tingkat global.

G20 atau Grup of 20 merupakan forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara dan Uni Eropa. Karena anggotanya merepresentasikan lebih dari dua per tiga penduduk dunia, KTT G20 menjadi salah satu forum internasional paling berpengaruh di dunia.

Baca juga: Peneliti TII : KTT G20 momen perkenalkan produk UMKM dalam negeri

Negara-negara anggota G20 meliputi tuan rumah Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris (Britania Raya), Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022