Jakarta (ANTARA) - Pengelola Pelabuhan Perikanan Nusantara Muara Angke Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menggelar Pesta Laut Nadran di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Angke Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati di Penjaringan, Jakarta Utara, kala menghadiri acara itu mengatakan Pelabuhan Perikanan Nusantara Muara Angke memiliki tempat pelelangan ikan yang cukup besar di Jakarta.

Berdasarkan data yang dipublikasi Dinas KPKP tahun 2020, produksi berupa hasil penangkapan ikan yang didaratkan di TPI Muara Angke sebanyak 36.716.456 kilogram dengan nilai tangkapan mencapai Rp1.323.925.092.825 (Rp1,3 triliun).
Tangkapan layar infografis Pelabuhan Perikanan Nusantara Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (15/11/2022). ANTARA/Instagram/dkpkp.jakarta/Abdu Faisal


Selama pandemi COVID-19, harga dan pasokan produk perikanan tidak mengalami fluktuasi yang signifikan.

Dinas KPKP DKI Jakarta tetap menjaga akses kelancaran logistik input produksi dan hasil suplai produksi perikanan agar masyarakat mendapatkan sumber protein hewani, berupa ikan segar dan produk olahan ikan, tetap dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Tangerang jadikan "Nadran" agenda tahunan pariwisata bahari

Tercatat sekitar 50 kapal nelayan ikut berpartisipasi membawa bekal kepala kerbau yang sudah disediakan oleh peserta Pesta Laut Nadran tahun ini untuk dihanyutkan ke laut.

Sebelumnya, panitia penyelenggara juga menggelar kegiatan aksi bersih laut dan dermaga serta pesisir kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Muara Angke sebagai rangkaian acara Pesta Laut Nadran 2022 pada Jumat (11/11).

Kegiatan aksi bersih laut dan dermaga itu dilakukan untuk meminimalisir dampak bencana banjir pesisir atau rob, serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Acara dilanjutkan pada Senin (14/11) dengan penyembelihan kerbau, doa bersama dan pertunjukan wayang kulit.

Pada Selasa ini adalah puncak Pesta Laut Nadran dan untuk itu diadakan berbagai acara di antaranya penampilan Polisi Cilik (POCIL) dan Marching Band SD Negeri 03 Muara Angke, penampilan kelompok barongsai dari Sinar Budi Teluk Gong, penampilan ondel-ondel dari Sanggar Betawi Mustika Air Panas dan penyerahan santunan anak yatim berupa paket sembako dan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Pesta Laut di Karawang Bakar Ikan Capai Seton

Juga, acara ritual berupa menghanyutkan atau melarungkan kepala kerbau ke laut yang diiringi kapal-kapal nelayan yang sudah dihias berbagai spanduk dan umbul-umbul.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022