Saat harvesting, akan diumumkan 30 UMKM terbaik berdasarkan jumlah penjualan dan akan ada lima champion salah satunya berkonsep ramah lingkungan. Diseminasi insentif akan diberikan kepada lima champion
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bakal mengumumkan lima champion Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terbaik saat kegiatan harvesting atau panen Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) pada 18-20 November 2022.

Harvesting BKSS akan diadakan di Palembang Trade Center (PTC) Mall Palembang, Sumatera Selatan.

“Saat harvesting, akan diumumkan 30 UMKM terbaik berdasarkan jumlah penjualan dan akan ada lima champion salah satunya berkonsep ramah lingkungan. Diseminasi insentif akan diberikan kepada lima champion,” ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Harvesting BKSS merupakan puncak dari kegiatan BKSS yang diluncurkan pada 14 September 2022. Program ini merupakan turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan akan dilaksanakan tiga hari di Kota Palembang.

Selama tiga bulan terakhir, rangkaian program BKSS telah berlangsung. Mulai dari peluncuran BKSS, BKSS Fair, pendampingan scale up bisnis dan digital marketing kepada peserta BKSS, Sales Activity (Pop Up Booth), dan Harvesting BKSS.

Dalam mengadakan acara tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Pemerintah Sumatera Selatan, Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP), Pertamina, dan Polri.

Selain itu Kemenparekraf berkolaborasi dengan Top Brand Kemenparekraf, Top Brand Gernas BBI, Marketplaces, dan Media Gernas BBI.

“Dengan bantuan dari para mitra ini, target kenaikan omzet dan penyerapan tenaga kerja akan tercapai dan diharapkan juga 5 persen diantaranya akan tembus pasar ekspor,” kata Menparekraf.

Melalui program BKSS, Sandiaga mengharapkan adanya peningkatan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia, serta mengangkat potensi pariwisata Sumatra Selatan, seperti Pagar Alam yang terkenal karena kopi atau Kota Palembang yang identik dengan pempek.

“Peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif ini juga akan semakin mendekatkan target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” ujar dia.

Baca juga: Sandi hibahkan GPS Tracker kepada 100 pelaku UMKM di Bali

Baca juga: Pencurian kata sandi mengintai UMKM Asia Tenggara dan Indonesia

Baca juga: Sandi: Gernas BBI dorong 21 juta pelaku UMKM masuk ekosistem digital


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022