Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menyatakan, pihaknya siap untuk terus bekerja sama dengan negara-negara anggota Kelompok 20 (G20) guna bersama-sama membangun paradigma ekonomi digital global yang mengutamakan manfaat bagi semua pihak.

Dengan membangun paradigma digital global yang bermanfaat bagi semua pihak, maka akan tercipta keseimbangan, koordinasi, inklusivitas, kerja sama yang saling menguntungkan, serta kemakmuran bersama, demikian disampaikan Presiden China Xi Jinping pada Rabu (16/11).

Xi menyampaikan pernyataan tersebut ketika menghadiri dan berpidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-17 yang digelar di pulau dewata Bali.

Ketika membahas isu transformasi digital, Xi mengatakan bahwa ekonomi digital yang berkembang dan percepatan transformasi digital global menjadi faktor penting yang memengaruhi paradigma ekonomi dunia.

Sebelumnya, dalam KTT G20 Hangzhou pada 2016 lalu, China untuk kali pertama menempatkan ekonomi digital ke dalam agenda G20, dan berjanji untuk berinovasi dalam pola pembangunan serta memanfaatkan potensi pertumbuhan, katanya.

Xi menekankan bahwa multilateralisme harus ditegakkan, seraya menyerukan untuk memperkuat kerja sama internasional.

Menyoroti bahwa pembangunan harus diprioritaskan, Xi mengatakan kesenjangan digital harus dijembatani dan inovasi seharusnya menjadi kekuatan pendorong dalam memajukan upaya pemulihan pascapandemi.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022