Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi pada Rabu (16/11) bertemu dengan Menlu Meksiko Marcelo Ebrard saat Wang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok 20 (Group of 20/G20) di Bali.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjadikan peringatan 50 tahun peresmian hubungan diplomatik antara kedua negara sebagai kesempatan untuk memperkuat komunikasi dan kerja sama strategis, dan terus memperkaya kemitraan strategis komprehensif China-Meksiko.

Ebrard berterima kasih kepada China yang telah menyediakan sejumlah besar pasokan antipandemi dan mengirim tim pakar medis ke Meksiko, seraya mengatakan bahwa rakyat Meksiko akan selalu mengingat dukungan yang tak ternilai harganya itu.

Seraya menyebutkan bahwa persahabatan Meksiko-China adalah pilihan yang tegas dan jelas yang diambil Meksiko, dia mengatakan pihak Meksiko akan terus mendukung China dalam melindungi hak dan kepentingannya yang sah, secara aktif mendukung kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra, juga terus meningkatkan kepercayaan tingkat tinggi antara kedua negara, dan memperdalam kerja sama dengan China di antara negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

Sementara itu, Wang mengatakan China juga akan terus memberikan dukungan kuat kepada Meksiko dalam melindungi kepentingan intinya, mengatakan bahwa baik China maupun Meksiko merupakan negara independen dan emerging economy yang penting, serta selalu saling menghormati dan memperlakukan satu sama lain sebagai mitra yang setara.

Hubungan kedua negara tidak menyasar pihak ketiga, serta berjalan secara paralel dengan hubungan luar negeri masing-masing dengan negara lain, kata Wang.

Wang berharap kedua negara dapat meningkatkan sinergi strategi pembangunan, serta memperluas kerja sama praktis di berbagai bidang.

China mengapresiasi peran penting Meksiko dalam mendukung hubungan antara China dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia, dan siap bekerja sama dengan Meksiko untuk memperdalam kerja sama antara China dan Amerika Latin, serta antara China dan Karibia, dan mewujudkan pembangunan bersama, imbuh Wang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022