Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum DPP Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (Lasqi) Jazilul Fawaid menyampaikan bahwa kegiatan Pemilihan Duta-Duta Qasidah Tingkat Nasional 2022 merupakan ajang untuk mengembangkan kesenian islami hingga mampu mendunia.

"Duta-duta qasidah yang diseleksi di Karawang, Jawa Barat, ini menjadi tanda untuk Indonesia dan umat Islam secara umum bahwa kreasi umat Islam bisa ditampilkan di pentas dunia," ujar Gus Jazil sapaan akrab Jazilul Fawaid dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut dia sampaikan dalam penutupan Pemilihan Duta-Duta Qasidah Tingkat Nasional 2022 di Kabupaten Karawang,  Jawa Barat, Sabtu malam (19/11).

Selama ini, menurut Gus Jazil, seni qasidah Indonesia yang berpotensi mendunia itu belum diberikan ruang maksimal untuk ditampilkan sehingga anak muda Indonesia cenderung lebih merasa tertarik dengan kesenian-kesenian lainnya.

"Karena seni budaya Islam ini kurang ditampilkan, maka anak-anak kita mendapatkan terpaan seni yang bukan dari Islam, padahal seni Islam tak kalah dengan yang lain," ujar dia.

Oleh karena itu, Gus Jazil meminta seluruh pihak sepatutnya mendukung acara-acara pengembangan kesenian islami, seperti pemilihan duta qasidah.

"Menurut saya, acara seperti ini patut mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah maupun pihak mana pun," ucapnya.

Dia mendorong Lasqi untuk terus mengembangkan diri dalam memperkenalkan berbagai kesenian islami kepada generasi muda Tanah Air.

"Kalau Lasqi tidak berkembang, maka anak-anak kita tidak kenal qasidah, rebana, dan gambus yang dikenal malah K-pop, rock, dan lagu barat," ujar Gus Jazil.

Juara Pemilihan Duta-Duta Qasidah Tingkat Nasional 2022 setelah mengikuti seluruh rangkaian perlombaan selama lima hari diraih kafilah Provinsi Sumatera Utara berhasil menjadi juara umum yang disusul Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak lestarikan seni qasidah sebagai media persatuan
Baca juga: Prestasi LASQI Sulbar di tingkat nasional mendapat apresiasi


Ajang tahunan yang digelar Lasqi tersebut menghadirkan 12 kategori yang dilombakan, di antaranya kategori Bintang Vokalis Anak-Anak Putra yang posisi terbaik pertama diraih delegasi Sumatera Utara.

Kedua, kategori Bintang Vokalis Anak-Anak Putri dengan posisi terbaik pertama diraih delegasi Sumatera Utara yang disusul delegasi Maluku dan Jawa Barat.

Selanjutnya, kategori Bintang Vokalis Remaja Putra. Dalam kategori itu, posisi terbaik diraih delegasi Provinsi Banten. Berikutnya, kategori Bintang Vokalis Remaja Putri dengan posisi terbaik diraih delegasi Jawa Barat.

Atas kemenangan yang diraih, Ketua I DPW Lasqi Provinsi Sumatera Utara Erna Suryani mengaku bersyukur.

"Masya Allah, alhamdulillah kami sangat bersyukur kepada Allah SWT bahwa perjuangan itu tidak mengkhianati hasil. Kami sudah berjuang semaksimal mungkin dan ajang ini bisa mendapatkan juara umum," ujar dia.

Erna menyatakan kesiapan pihaknya menjadi tuan rumah Pemilihan Duta-Duta Qasidah Tingkat Nasional pada tahun 2023.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022