Makassar (ANTARA) - Komandan Batalion C Pelopor Brimob Polda Sulawesi Selatan, Kompol Nur Ichsan, mengerahkan sekitar 1 satuan setingkat kompi (SSK) personelnya untuk pengamanan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bone, Sulsel.

"Sesuai dengan permintaan dari Kapolres Bone, kami siapkan anggotanya untuk back-up personel Polres Bone di Pilkades serentak," ujarnya melalui keterangannya diterima di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bone akan mulai dilangsungkan pada 24 November 2022.

Pada Pilkades serentak itu, sebanyak 141 desa yang tersebar di 23 Kecamatan se Kabupaten Bone dengan jumlah TPS sebanyak 534 titik akan melangsungkan pesta rakyat skala desa tersebut.

"Pilkades serentak akan dilangsungkan di 141 desa dengan jumlah TPS itu 534 titik. Polres sendiri mengerahkan 497 personel ditambah perkuatan dari Batalion C Pelopor sebanyak 1 SSK atau sekitar 100 orang," katanya.

Pada apel pergeseran pasukan itu, Ichsan menerangkan jika Brimob Bone siap mendukung jalannya Pilkades yang aman, tertib dan lancar.

Ia berharap Pilkades serentak itu menghasilkan pemimpin yang siap memajukan desanya masing-masing. Ia pun berpesan kepada masyarakat jika pilihan boleh berbeda namun kondusivitas Kamtibmas harus tetap terjaga.

"Untuk memudahkan mobilisasi pasukan, personel diploting di beberapa Kecamatan yakni Ulaweng, Amali, Lapri, Tonra dan Kahu serta disiapkan tim patroli bermotor yang standby di Mapolres Bone," terangnya.

Dalam proses pengamanan, dia berpesan kepada seluruh anggotanya untuk menjaga profesionalisme dan netralitas serta memberikan rasa aman kepada petugas penyelenggara pemilihan dan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya.

"Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif hingga pasca pemilihan nantinya," ucap Ichsan.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022