Pangdam XIV Hassanudin mengucapkan terima kasih kepada penyumbang PT. Kebun Buana Abadi
Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan TNI mempunyai peran besar dalam membantu pemerintah memberdayakan masyarakat dalam mendukung kemajuan daerah dan bangsa.

"TNI telah memainkan peran yang begitu besar dan sangat luar biasa terhadap pemberdayaan masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan bangsa," kata Ali Mazi usai peletakan batu pertama pembangunan Rumah Dinas Perwira Korem 143/Haluoleo dalam keterangan tertulis Juru Bicara Gubernur Sultra Ilham Q. Moehiddin di Kendari, Selasa.

Gubernur menyebut bahwa TNI adalah alat pertahanan negara yang tidak diragukan lagi kehadirannya bagi rakyat Indonesia, baik di masa perang merebut kemerdekaan maupun pasca Proklamasi Kemerdekaan RI hingga masa setelah reformasi.

"Kemajuan demi kemajuan di semua aspek kehidupan telah diraih oleh bangsa kita. Hal ini tidak lepas dari peran Tentara Nasional Indonesia bersama Polri yang selalu responsif terhadap situasi dan dinamika yang berkembang, baik di tingkat daerah maupun secara nasional, bahkan internasional,” ujar Gubernur.

Baca juga: Panglima TNI: Percepat pengerjaan rumah susun prajurit Kogabwilhan 1
Baca juga: Kasad kunjungi rumah prajurit yang meninggal dalam latihan menembak


Oleh karena itu, ia memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI, dan Gubernur mengajak semua pihak untuk mendukung langkah-langkah TNI dalam upaya meningkatkan kinerja-nya.

“Berangkat dari hal tersebut, saya selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara menyambut baik, seraya menyampaikan selamat kepada TNI yang telah membentuk satuan-satuan baru di daerah Sulawesi Tenggara," ucap Ali Mazi.

Menurutnya kehadiran satuan-satuan baru tersebut akan membuat pelayanan kepada masyarakat akan lebih dekat, mudah dan cepat.

Ia menyampaikan, perluasan dan penambahan satuan-satuan organisasi tentu membutuhkan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai. Salah satu sarana dan prasarana dimaksud adalah perumahan yang layak.

Gubernur mengatakan bahwa hal tersebut penting disediakan karena para aparatur selalu berpindah tugas akibat kebutuhan organisasi. Sarana dan prasarana seperti perumahan yang baik merupakan faktor pendukung kenyamanan menjalankan tugas kedinasan sebagai abdi negara.

“Kita berharap agar perumahan yang dibangun ini benar-benar merupakan rumah dinas yang sepadan dengan kebutuhan perwira, agar penghuninya bisa menjalankan tugas dengan baik, tanpa terkendala oleh suasana dan kondisi perumahan yang tidak layak huni,” kata Ali Mazi.

PT. Kebun Buana Abadi (KBA) yang memberikan bantuan pembangunan perumahan dinas prajurit Korem 143/Haluoleo bertempat di Jalan H. Abdullah Silondae, Kecamatam Mandonga, Kendari.

Baca juga: Panglima TNI berpesan agar prajurit rawat rumah dinas baru
Baca juga: Panglima perintahkan rumah dinas prajurit harus layak huni

Pangdam XIV Hassanudin Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso mengucapkan terima kasih kepada penyumbang untuk pembangunan rumah dinas Korem 143/Haluoleo.

“Saya selaku Pangdam XIV Hassanudin mengucapkan terima kasih kepada penyumbang PT. Kebun Buana Abadi,” kata Pangdam.

Pangdam menyampaikan bahwa pembangunan rumah dinas tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk pembangunan awal 14 rumah, dan ke depannya direncanakan 1.000 rumah itu bertahap,” ujar Pangdam.

Di tempat yang sama CEO PT. Kebun Buana Abadi, Herry Tosa mengatakan bahwa selain membantu pembangunan perumahan dinas di Korem 143/Haluoloe, pihaknya juga telah melakukan pembangunan di beberapa tempat yang lainnya.

“Untuk bantuan pembangunan perumahan TNI saya sudah bangun di beberapa tempat dan untuk yang di sini sudah yang ke berapa,” kata Herry yang mengaku sebagai orang yang dibesarkan di keluarga TNI.

Baca juga: TNI AD siapkan rumah siap huni untuk prajurit yang bertugas di Papua

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022