Kemendagri umumkan para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022

Kemendagri umumkan para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022

Para juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2022 menerima piagam penghargaan dan plakat dari Direktur Jenderal Bina Pemdes Eko Prasetyanto dan Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo di Jakarta, Kamis (24/11/2022). ANTARA/HO-Humas Kemendagri.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mengumumkan para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2022.

Pengumuman tersebut dilakukan di sela kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Desa dan Kelurahan serta Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan (Pindeskel) Tahun 2022 yang diselenggarakan Ditjen Bina Pemdes di Jakarta, Kamis, sebagaimana dikutip dari siaran pers.

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Bina Pemdes Eko Prasetyanto mengatakan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2022 merupakan wujud apresiasi dari Kemendagri kepada pemerintah desa dan kelurahan sekaligus sarana penyebarluasan informasi mengenai keberhasilan mereka dalam memajukan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatannya.

"Ini juga apresiasi bagi para juara serta menjadi sarana dalam memublikasikan serta menyebarluaskan informasi berbagai keberhasilan dan inovasi pemerintahan dalam memajukan desa dan kelurahan dalam penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan," ujar Eko.

Eko berharap Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022 mampu membangun semangat kompetisi antar-desa dan kelurahan di setiap daerah sekaligus mendorong pemerintahan desa dan kelurahan untuk melakukan inovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan pengumuman itu diikuti pula dengan penyerahan piagam penghargaan serta plakat kepada para pemenang yang diwakili kepala desa atau lurah oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo yang didampingi Eko Prasetyanto.

Para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2022 dibagi menjadi empat regional. Pertama, pada kategori desa regional I atau wilayah Sumatera dimenangkan Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Regional II atau Jawa dan Bali yang menjadi juara adalah Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Selanjutnya regional III (Kalimantan dan Sulawesi) dimenangkan Desa Sekar Agung, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Berikutnya regional IV (Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua) juaranya adalah Desa Tumbur, Kecamatan Wertamarian, Kabupaten Tanimbar, Maluku.

Sementara untuk kategori kelurahan, pemenang regional I (Sumatera) adalah Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungai Liat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk regional II (Jawa dan Bali), Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, menjadi yang terbaik. Berikutnya regional III (Kalimantan dan Sulawesi) dijuarai Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Terakhir, regional IV (Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua) dimenangkan Kelurahan Daya Peken, Kecamatan Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar