Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebutkan Sail Tidore 2022 di Maluku Utara menjadi promosi investasi dunia ke Tidore sekaligus perekat antarbangsa.

"Perhelatan akbar ini diharapkan mendukung promosi potensi ekonomi daerah dan potensi wisata, produk-produk unggulan hingga investasi dunia ke Tidore," kata Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Zulkifli sekaligus Ketua Pelaksana Pusat Penyelenggaraan Sail Tidore ke-12 Tahun 2022 ini mendorong percepatan pembangunan ekonomi serta mempromosikan potensi Tidore kepada investor dan wisatawan dunia.

Menteri Perdagangan (Mendag) mengatakan, program-program yang telah dilakukan untuk mendukung antara lain perbaikan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dalam industri wisata, penyuluhan dan bantuan kepada industri kecil.

Baca juga: Kemendag bina UMKM Kota Tidore Kepulauan agar miliki keterampilan

Kemudian, pameran dan promosi produk, forum bisnis, pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta perbaikan vegetasi pohon agar akses dan lingkungan hidup menjadi lebih baik.

Berbagai atraksi, lomba dan pentas seni juga dilaksanakan untuk mengangkat potensi lokal.

“Dengan berbagai kegiatan yang telah kami laporkan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya menjaga perekonomian di Indonesia bagian timur ini tetap stabil," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan serta pemerintah daerah untuk terus memaksimalkan potensi Tidore usai penyelenggaraan Sail Tidore 2022.

"Banyak sekali harta karun yang tersembunyi di sini, tapi harus kita kelola dengan arif," kata Luhut.

Penyelenggaraan Sail Tidore 2022 adalah hasil kerja sama semua pemangku kepentingan seperti 32 kementerian dan lembaga dibantu sejumlah BUMN, pelaku usaha dan pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: PLN hadirkan listrik andal untuk sukseskan Sail Tidore 2022

Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim menyampaikan pentingnya Tidore sebagai titik perdagangan internasional seperti 500 tahun silam sehingga perlu ada upaya lanjutan untuk terus mengembangkan Tidore setelah Sail Tidore 2022.

“Lima ratus tahun silam, Tidore menjadi titik penting dalam hubungan perdagangan internasional serta berperan dalam konstelasi geostrategi dan geopolitik global," tuturnya.

Puncak acara Sail Tidore 2022 pada Sabtu ini dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang dihadiri oleh 1.100 undangan.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022