Dengan melakukan transplantasi terumbu karang, kami harap dapat menjaga habitat yang berkaitan dengan makanan penyu, selain menjaga ekosistem laut
Mataram (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga melalui Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Internasional Lombok (DPPU BIL) mendukung program transplantasi terumbu karang demi menjaga ekosistem dan kelestarian Teluk Nipah, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Operation Head Pertamina DPPU BIL, I Nyoman Ana, di Mataram, Senin, mengatakan program yang dilakukan bekerja sama dengan Turtle Conservation Community (TCC) tersebut, merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pertamina pada sektor lingkungan, khususnya keanekaragaman hayati.

"Dengan melakukan transplantasi terumbu karang, kami harap dapat menjaga habitat yang berkaitan dengan makanan penyu, selain menjaga ekosistem laut," katanya.

Ia mengatakan selain untuk memperbaiki ekosistem di Pantai Nipah, kegiatan tersebut juga ditujukan untuk pelestarian terumbu karang yang ada. Apalagi di sekitar Pantai Nipah, menjadi tempat mendaratnya berbagai jenis penyu, seperti penyu lekang, penyu hijau dan penyu sisik.

Transplantasi terumbu karang yang dilakukan menggunakan dua media, yaitu ferro table dengan jumlah tiga media dan ferro spider dengan jumlah 150 media. Dengan jenis terumbu karang yang akan ditransplantasikan adalah acropora dan montipora.

Sementara itu, kata Nyoman, ada beberapa manfaat yang didapat dengan kegiatan transplantasi tersebut. Pertama untuk lingkungan dengan kegiatan transplantasi adalah meningkatnya indeks keanekaragaman hayati sebesar 5,1 persen khususnya terumbu karang yang ada di area Teluk Nipah, dari 0,602 H' pada 2021 menjadi 0,633 H' pada 2022.

"Kedua, manfaat sosial yakni terbentuknya modal sosial yang cukup kuat antara komunitas dengan masyarakat sekitar," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Muslim, mengapresiasi kontribusi dari PT Pertamina Patra Niaga DPPU BIL terhadap lingkungan perairan laut melalui kegiatan transplantasi terumbu karang.

Ia menyebutkan penurunan sebanyak 150 media tanam terumbu karang merupakan giat pertama yang dilakukan di Pantai Nipah.

"Harapan saya kegiatan ini terus dilakukan secara kontinyu dan tentunya memberi manfaat baik pada lingkungan maupun masyarakat," katanya.

Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus), Deden Mochammad Idhani menjelaskan pelaksanaan program CSR Pertamina sejalan dengan penerapan environment, social & governance (ESG) dan sustainability development goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Harapan kami, melalui kegiatan transplantasi terumbu karang ini dapat meningkatkan manfaat terumbu karang sendiri, antara lain sebagai pelindung pasir dan pantai, ekosistem yang menunjang kehidupan biota laut," katanya.

Baca juga: Gili Matra dan Gili Balu jadi pusat rehabilitasi terumbu karang

Baca juga: KNTI: Minim Anggaran Konservasi Terumbu Karang


 

Pewarta: Awaludin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022